Waspada "Hoax" Bertema "Esek-esek" di Internet

Kompas.com - 25/03/2017, 17:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Seperti tidak mau kalah dengan berita hoax politik yang bertujuan menimbulkan keresahan dan memecah belah, saat ini di ranah internet Indonesia sedang beredar konten hoax dengan tema pemerkosaan, pelecehan seksual dan video esek esek yang bertujuan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga mereka menge-klik konten yang telah dipersiapkan.

Penyebaran dilakukan terutama mengandalkan posting di wall dan group Facebook beranggota banyak, yang jika di-klik akan mengarahkan pada situs Blogspot yang telah dipersiapkan sedemikian rupa.

Situs jebakan di Blogspot akan menampilkan pancingan yang telah di rancang sedemikian rupa dan jika korbannya memang “gelap mata” ingin melihat konten yang dijanjikan, ia akan dipandu ke situs phishing yang dibuat mirip dengan situs login Facebook untuk mencuri kredensial Facebook-nya.

Setelah akun Facebook didapatkan, akun tersebut akan digunakan untuk melakukan posting lagi pada grup Facebook lain, guna mendapatkan korban lebih banyak lagi.

Selain mencuri kredensial, situs Blogspot yang telah dipersiapkan juga mendulang pendapatan dari iklan Adwords dengan menampilkan iklan obat kuat dan iklan dewasa lainnya.

Khusus untuk pengguna gadget smartphone/tablet, tindakan klik akan memicu instalasi aplikasi. Hal ini memberikan keuntungan finansial bagi pembuat situs yang kelihatannya menjadi salah satu tujuan utama aktivitas ini.

Baca: Ikan Tongkol dan Hoax Disleksia: Meramu Kebohongan demi Simpati

"Usaha ini dilakukan secara terorganisir, terlihat dari banyaknya situs blogspot yang telah dipersiapkan dengan isi berita dan judul yang provokatif dan semuanya tidak jauh-jauh dari syahwat," ujar Direktur Vaksincom, Alfons Tanujaya dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Sabtu (25/3/2017).

Hoax pramugari

Adapun salah satu tema posting yang cukup ramai beredar adalah gambar atau tautan video wanita yang mengenakan seragam pramugari dari salah satu maskapai penerbangan nasional.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X