Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/06/2017, 16:10 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - iOS 11 tengah menjadi perbincangan hangat pekan ini. Meski demikian, sistem operasi buatan Apple tersebut belum akan meluncur secara komersil dalam waktu dekat.

Android O yang lebih dulu diperkenalkan pada Mei lalu di ajang Google I/O 2017 justru segera hadir di Google Pixel. Setidaknya begitu yang diumbar jurnalis teknologi kawakan, David Ruddock, melalui akun Twitter @RDR0b11.

Baca: iOS 11 Resmi Diluncurkan, Sederet Fitur Baru Datang

Menurut dia, Android O bakal disebar secara otomatis melalui mekanisme over the air (OTA) mulai pertengahan Agustus 2017, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Kamis (8/6/2017), dari kicauan Twitter yang dilaporkan BGR.


Ruddock belum menyebut tanggal pasti, tetapi mematok pekan pertama atau kedua Agustus sebagai waktu penyebaran Android O secara massal. Jika benar, waktu perilisan ini bakal lebih cepat dibandingkan Android Nougat keluaran 2016 lalu.

“Informasi ini datang dari sumber terpercaya. Namun, tanggal pasti perilisannya masih bisa berubah-ubah,” kata dia.

Fitur Android O

Diketahui, hingga saat ini singkatan dari “O” pada Android O belum diumumkan. Ada beberapa fitur unggulan pada sistem operasi tersebut, antara lain picture-in-picture, notification dots, autofill with Google, dan smart text selection.

Untuk urusan performa, Google menjamin Android O akan jauh lebih hemat daya baterai. Ini dimungkinkan berkat optimasi sistem operasi yang diracik Google.

Selain itu, dalam hal keamanan, Google juga mengklaim bakal memanfaatkan machine learning untuk memindai 50 miliar aplikasi per hari. Jika ada aplikasi yang terbukti berbahaya, maka aplikasi tersebut akan langsung "ditendang" dari toko aplikasi Play Store.

Kendati Android O mulai disebar untuk pengguna Pixel beberapa bulan mendatang, bukan berarti Pixel 2 bakal meluncur dalam waktu dekat. Selentingan kabar menyebut Pixel generasi kedua baru akan diperkenalkan pada September akhir atau Oktober mendatang.

Benar atau tidaknya berbagai informasi ini baru bisa diketahui beberapa bulan mendatang. Kita tunggu saja.

Baca: Android O Resmi Meluncur, Ini 5 Fitur Unggulannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.