Ponsel Android Hilang saat Mudik, Google Siap Melacaknya

Kompas.com - 22/06/2017, 19:38 WIB
Dua kamera selfie di bagian muka. Lensa kamera di sebelah kanan memiliki sudut pandang wide angle, sementara kamea di sebelahnya bersudut pandang normal. Oik Yusuf/ KOMPAS.comDua kamera selfie di bagian muka. Lensa kamera di sebelah kanan memiliki sudut pandang wide angle, sementara kamea di sebelahnya bersudut pandang normal.
EditorDeliusno

KOMPAS.com — Smartphone merupakan salah satu barang yang wajib dibawa saat perjalanan mudik. Ponsel pintar ini berguna untuk memandu jalan, mencari restoran atau masjid terdekat, membuka media sosial, dan mengusir kebosanan dengan mendengarkan musik dan menonton film.

Apa jadinya jika benda penting ini hilang dari genggaman? Lupa di mana meninggalkannya saja bisa membuat panik, apalagi ditambah dengan kekhawatiran jika smartphone itu hilang atau dicuri.

Apa yang harus dilakukan jika smartphone Android Anda hilang, baik tertinggal, terselip atau dicuri? Simak cara mencari dan memulihkan ponsel Android berikut ini yang dirangkum KompasTekno dari berbagai sumber.

Mengunakan situs pencari Google

Buka peramban (browser) di komputer/laptop Anda dan buka laman utama mesin pencari Google. Selanjutnya, masukkan kata kunci " find my phone" dan tekan Enter. Anda akan diminta memasukkan akun dan password Google (Gmail) yang juga dipakai di ponsel Android.

Hasilnya, mesin pencari Google akan menunjukkan peta yang menandakan lokasi ponsel dengan ikon lingkaran warna biru. Peta tersebut muncul di bagian teratas hasil pencarian.

Perhatikan di bagian kanan bawah peta atau tepat di sebelah kanan nama ponsel. Anda akan melihat ikon ponsel dan menu "Ring" atau "Deringkan". Klik menu tersebut untuk membuat ponsel berdering selama lima menit.

Bila ponsel hanya terselip di dalam ruangan, suara dering akan membantu Anda menemukannya. Setelah menemukan lokasi ponsel, cukup tekan tombol on/off untuk mematikan dering tersebut.

Menu berikutnya adalah "Recover" atau "Pulihkan". Menu ini bisa dipakai untuk mengamankan ponsel yang sedang dicari, agar tidak diakses atau dibuka oleh orang yang tidak Anda inginkan.

Menu Recover jika diklik akan membuat ponsel yang hilang terkunci dengan menampilkan lockscreen bertuliskan "This phone is lost please help give it back", atau "ponsel ini hilang tolong bantu dikembalikan".

Anda juga bisa memasukkan nomor telepon lain yang bisa dihubungi agar bisa ditelepon lewat layar lockscreen oleh siapa saja yang menemukan smartphone Anda. Menu ini bersifat opsional saja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X