Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/07/2017, 11:35 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber SlashGear

KOMPAS.com - Peneliti dari Universitas Washington baru-baru ini menemukan cara membuat ponsel tanpa baterai. Walau ponsel tersebut masih berupa prototipe, fungsinya sudah bisa dijajal.

Ponsel tanpa baterai tersebut masih tanpa casing, hanya berupa papan sirkuit yang terhubung dengan earphone. Konsumsi dayanya seperti dikutip KompasTekno dari Slashgear, Senin (10/7/2017), hanya sebesar 3,5 microwatt.

Daya tersebut diperoleh dari sel surya yang ukurannya tak lebih dari sebutir beras. Sel tersebut mengumpulkan cahaya dan sinyal radio sekitar dan mengubahnya menjadi daya listrik. Sinyal ponsel didapat dari BTS khusus yang jaraknya sekitar 15 meter.

Menurut para peneliti, konversi audio analog menjadi digital adalah bagian yang mengonsumsi daya tinggi dalam ponsel.

Untuk mengatasinya, prototipe ponsel menggunakan mikrofon dan speaker yang memiliki getaran kecil untuk mengubah sinyal masuk dan keluar.

Ponsel tanpa baterai ini tidak memiliki layar, hanya sebuah tombol sentuh kapasitif utnuk menekan nomor telepon. Demo yang ditunjukkan dalam video memperlihatkan telepon itu bisa terhubung dengan Skype.

Ponsel tanpa baterai ini tidak bisa mengirim dan menerima suara secara bersamaan, sehingga fungsinya mirip handy-talky (HT), pengguna harus menekan dan menahan tombol untuk berbicara atau mendengar suara.

Prototipe ini akan terus dikembangkan, seperti menambah layar e-ink ke dalam ponsel dan enkripsi untuk menambah keamanan.

Ke depannya, BTS-BTS milik ponsel tanpa baterai ini diharapkan bisa dipasang di BTS operator seluler atau router WiFi, sehingga jangkauannya semakin luas.

Baca: 7 Fitur Ponsel yang Kini Menghilang Ditelan Zaman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber SlashGear


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com