Intel dan Samsung Dukung Apple Melawan Qualcomm

Kompas.com - 22/07/2017, 19:11 WIB
Qualcomm Snapdragon 835 QualcommQualcomm Snapdragon 835
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Apple tengah terlibat kemelut di pengadilan terkait pembayaran royalti chip modem bikinan Qualcomm. Apple menuding Qualcomm berupaya menjalankan praktik anti-kompetitif dengan menarik bayaran luar biasa besar dari Apple.

Sebuah gugatan hukum pun dilontarkan Apple terhadap Qualcomm. Sementara Qualcomm membalasnya dengan menuntut pemblokiran impor iPhone di Amerika Serikat ke International Trade Commission (ITC).

Belakangan, sejumlah pemain besar industri teknologi yang bernaung di bawah grup lobi bernama Computer and Communications Industry Association (CCIA) menyuarakan dukungan terhadap Apple.

Anggota CCIA termasuk para raksasa seperti Google, Amazon, Facebook, Intel, Microsoft, juga rival berat Apple, Samsung. CCIA meminta ITC menolak permintaan Qualcomm soal pemblokiran impor iPhone, meski Apple sebenarnya bukan anggota CCIA.

Dalam keterangan tertulisnya, CCIA mengatakan bahwa praktik anti-kompetisi Qualcomm bakal merugikan industri secara keseluruhan dan pada akhirnya konsumenlah yang harus membayar mahal.

Baca: Qualcomm Berusaha Jegal Penjualan iPhone

“Qualcomm sudah menggunakan posisinya yang dominan untuk menekan kompetitor,” sebut CCIA, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Sabtu (22/7/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kalau ITC mengabulkan permintaan (blokir impor iPhone ke AS), Qualcomm akan menggunakan monopolinya untuk melawan Apple dan menaikkan harga produk akhir.”

Jual sofa sesuai harga rumah

Inti keberatan Apple berkisar soal pembayaran royalti yang diminta. Qualcomm tidak meminta bayaran berdasarkan harga chip yang dipakai, tetapi berdasar harga keseluruhan dari perangkat (misalnya iPhone) yang memakai chip modem LTE buatannya.

Halaman:


Sumber BGR
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.