Jumlah Pelanggan Berbayar Spotify Ungguli Apple Music

Kompas.com - 01/08/2017, 09:42 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Spotify semakin menunjukkan dominasinya dalam industri layanan music streaming. Jumlah pelanggan berbayar alias subscriber Spotify kini tembus 60 juta. Jumlah itu mengalahkan pelanggan Apple Music dan Soundcloud.

Sebelumnya, pada Maret 2017, Spotify mengumumkan jumlah subscriber baru, 50 juta. Artinya ada penambahan 10 juta subscriber dalam kurun waktu tak sampai setengah tahun.

Peningkatan bisnis Spotify digadang-gadang menjadi pendorong perusahaan tersebut melempar saham publik perdana alias Initial Public Offering (IPO), sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Selasa (1/8/2017).

Menurut rumor yang beredar, Spotify berencana IPO pada akhir tahun ini. Pihak Spotify masih enggan berkomentar.

Diketahui, kejayaan Spotify berbanding terbalik dengan SoundCloud sebagai kompetitornya. Beberapa pekan terakhir SoundCloud diisukan segera berhenti beroperasi.

Baca: Spotify Disebut Batal Caplok SoundCloud

Kantor pusat SoundCloud telah ditutup dan PHK besar-besaran dilakukan. Semua ini untuk menyelamatkan keuangan perusahaan yang stagnan karena tak kunjung memonetisasi layanannya.

Sebanyak 175 juta orang mendengar musik di SoundCloud tiap bulannya, namun tak teridentifikasi berapa yang terdaftar sebagai pengguna. Selain itu, mereka mendengarkan lagu-lagu di SoundcCloud secara gratis.

Selain SoundCloud, Apple Music juga merupakan kompetitor Spotify namun masih tertinggal jauh. Baru 27 juta orang yang menjadi subscriber Apple Music.

Di Spotify sendiri, selain 60 juta subscriber, ada 140 juta orang yang mendengar musik secara aktif tiap bulannya. Meski sedang mendominasi, Spotify tak boleh lengah karena industri music streaming semakin sesak oleh berbagai layanan seperti Tidal, Amazon Music, hingga Google Play Music.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.