Intel Core Generasi 8 Meluncur, Bikin Laptop Kian Ngebut

Kompas.com - 01/09/2017, 13:48 WIB
Ilustrasi prosesor Intel Core generasi ke-8 IntelIlustrasi prosesor Intel Core generasi ke-8
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Dari generasi ke-7, seri prosesor komputer "Core" dari Intel kini telah melangkah ke generasi berikutnya. Prosesor Core generasi ke-8 diklaim menghadirkan peningkatan kinerja tinggi dibanding generasi terdahulu.

Seri prosesor Core generasi ke-8 dari Intel melakukan debut dalam bentuk empat model chip mobile untuk laptop, yakni Core i7-8650U, Core i7-8550U, i5-8350U, dan i5-8250U. Keempatnya memiliki CPU dengan empat inti pemrosesan (quad-core).

"Keluarga prosesor mobile ini membuat standar untuk kinerja tinggi, sebesar 40 persen dari generasi sebelumnya," ujar Senior Vice President and General Manager Intel, Gregory Bryant.

Bryant menambahkan, meski kinerja prosesor Core generasi ke-8 lebih tinggi, daya tahan baterai laptop akan tertap terjaga. "Anda dapat memutar video 4K hingga 10 jam secara local (dari harddisk) dalam satu kali pengisian baterai," imbuhnya.

Meski mengemban nama "generasi ke-8", keempat model prosesor ini menggunakan arsitektur "Kaby Lake" yang sama dengan keluarga prosesor Intel Core generasi ke-7, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Jumat (1/9/2017).

Keempat model awal Core generasi ke-8 merupakan chip hemat daya yang ditujukan bagi laptop tipis dan laptop 2-in-1. Model-model prosesor untuk komputer desktop dijadwalkan menyusul pada akhir 2017.

Intel mengatakan, sebanyak 80 model laptop yang menggunakan prosesor Core generasi ke-8 akan dilepas ke pasaran pada tahun ini juga.

Baca: Intel Bocorkan Prosesor Generasi ke-9 ?Ice Lake?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.