Begini Kerusakan Kamera akibat Memotret Gerhana Matahari - Kompas.com

Begini Kerusakan Kamera akibat Memotret Gerhana Matahari

Kompas.com - 06/09/2017, 11:10 WIB
Warga New York, Amerika Serikat berbondong-bondong keluar dari ruangan di gedung-gedung menuju lapangan luas guna menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi Senin (21/8/2017). Gerhana matahari terakhir di AS terjadi 38 tahun lalu.Kompas.com/Wisnu Nugroho Warga New York, Amerika Serikat berbondong-bondong keluar dari ruangan di gedung-gedung menuju lapangan luas guna menyaksikan gerhana matahari total yang terjadi Senin (21/8/2017). Gerhana matahari terakhir di AS terjadi 38 tahun lalu.

KOMPAS.com - Memotret gerhana matahari dengan kamera memerlukan filter khusus. Jangan pernah mencoba untuk memotret fenomena tersebut tanpa filter, atau akibatnya akan fatal.

Sebuah toko penyewaan kamera bernama LensRental di Amerika Serikat memamerkan foto sejumlah kamera dan lensa yang rusak akibat dipakai memotret gerhana matahari tanpa filter khusus.

Foto itu antara lain memperlihatkan aperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 yang meleleh dan tidak bisa dipakai lagi. Foto tersebut juga memperlihatkan shutter yang terbakar hingga sensor yang luluh lantak setelah kamera diarahkan tepat kepada gerhana Matahari.

Kerusakan itu diakibatkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh matahari saat proses terjadinya gerhana. Selain bisa merusak peralatan fotografi, melihat gerhana matahari secara langsung atau melalui viewfinder kamera juga bisa memicu kebutaan.

Baca: Meluncur Berbarengan dengan Gerhana Matahari, Apa Nama Android O?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Selasa (6/9/2017), foto-foto yang diabadikan dan dibagikan oleh LensRental berusaha memperlihatkan betapa seriusnya radiasi yang dipancarkan ketika terjadi gerhana matahari. LensRental juga ingin memberikan peringatan agar orang lebih berhati-hati saat melihat atau memotret gerhana matahari.

Berikut selengkapnya foto-foto peralatan fotografi yang rusak saat dipakai memotret gerhana Matahari yang melintasi Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 lalu.

Apperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 meleleh karena dipakai memotret gerhana Matahari tanpa perlindungan filter khususPetaPixel Apperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 meleleh karena dipakai memotret gerhana Matahari tanpa perlindungan filter khusus
Shutter Canon 7D Mark ii meleleh karena terkena pancaran radiasi gerhana MatahariPetaPixel Shutter Canon 7D Mark ii meleleh karena terkena pancaran radiasi gerhana Matahari
Apperture blade Canon EF 600 mm F/4.0 L IS II meleleh total karena terkena pancaran radiasi dari gerhana MatahariPetaPixel Apperture blade Canon EF 600 mm F/4.0 L IS II meleleh total karena terkena pancaran radiasi dari gerhana Matahari

Mirror pada bodi kamera Nikon D500 meleleh saat dipakai memotret gerhana MatahariPetaPixel Mirror pada bodi kamera Nikon D500 meleleh saat dipakai memotret gerhana Matahari


EditorDeliusno
SumberPetaPixel
Komentar
Close Ads X