Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Kerusakan Kamera akibat Memotret Gerhana Matahari

Kompas.com - 06/09/2017, 11:10 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

Sumber PetaPixel

KOMPAS.com - Memotret gerhana matahari dengan kamera memerlukan filter khusus. Jangan pernah mencoba untuk memotret fenomena tersebut tanpa filter, atau akibatnya akan fatal.

Sebuah toko penyewaan kamera bernama LensRental di Amerika Serikat memamerkan foto sejumlah kamera dan lensa yang rusak akibat dipakai memotret gerhana matahari tanpa filter khusus.

Foto itu antara lain memperlihatkan aperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 yang meleleh dan tidak bisa dipakai lagi. Foto tersebut juga memperlihatkan shutter yang terbakar hingga sensor yang luluh lantak setelah kamera diarahkan tepat kepada gerhana Matahari.

Kerusakan itu diakibatkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh matahari saat proses terjadinya gerhana. Selain bisa merusak peralatan fotografi, melihat gerhana matahari secara langsung atau melalui viewfinder kamera juga bisa memicu kebutaan.

Baca: Meluncur Berbarengan dengan Gerhana Matahari, Apa Nama Android O?

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Peta Pixel, Selasa (6/9/2017), foto-foto yang diabadikan dan dibagikan oleh LensRental berusaha memperlihatkan betapa seriusnya radiasi yang dipancarkan ketika terjadi gerhana matahari. LensRental juga ingin memberikan peringatan agar orang lebih berhati-hati saat melihat atau memotret gerhana matahari.

Berikut selengkapnya foto-foto peralatan fotografi yang rusak saat dipakai memotret gerhana Matahari yang melintasi Amerika Serikat pada 21 Agustus 2017 lalu.

Apperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 meleleh karena dipakai memotret gerhana Matahari tanpa perlindungan filter khususPetaPixel Apperture blade lensa Panasonic 20 mm F/1.7 meleleh karena dipakai memotret gerhana Matahari tanpa perlindungan filter khusus
Shutter Canon 7D Mark ii meleleh karena terkena pancaran radiasi gerhana MatahariPetaPixel Shutter Canon 7D Mark ii meleleh karena terkena pancaran radiasi gerhana Matahari
Apperture blade Canon EF 600 mm F/4.0 L IS II meleleh total karena terkena pancaran radiasi dari gerhana MatahariPetaPixel Apperture blade Canon EF 600 mm F/4.0 L IS II meleleh total karena terkena pancaran radiasi dari gerhana Matahari

Mirror pada bodi kamera Nikon D500 meleleh saat dipakai memotret gerhana MatahariPetaPixel Mirror pada bodi kamera Nikon D500 meleleh saat dipakai memotret gerhana Matahari

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber PetaPixel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com