Dibongkar, "Harga Asli" iPhone 8 Terungkap

Kompas.com - 27/09/2017, 13:50 WIB
iPhone 8 dan 8 Plus AppleiPhone 8 dan 8 Plus
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Seperti biasa, saban keluar iPhone baru, lembaga riset IHS Markit yang memiliki banyak koneksi ke para pemasok komponen ponsel mempreteli perangkat tersebut untuk menilai harganya. Kali ini yang dibedah adalah iPhone 8.

Harga jual iPhone 8 lebih mahal dibandingkan pendahulunya, yakni mulai 799 dollar AS (Rp 10,7 juta), dibanding 769 dollar AS (Rp 10,3 juta) untuk iPhone 7. Usai dibongkar, ternyata ditemukan bahwa biaya komponen (Bill of Materials, BoM) untuk iPhone 8 memang lebih tinggi dibanding iPhone 7.

Menurut kalkukasi IHS Markit, tiap unit iPhone 8 64 GB menelan biaya pembuatan sebesar 247,51 dollar AS (Rp 3,4 juta), naik dari 237,94 dollar AS (Rp 3,2 juta) untuk iPhone 7 32 GB.

BoM iPhone tetap berada di angka 35 persen dari harga ritel. Tentu, itu belum mencakup biaya riset dan pengembangan, marketing, distribusi, dan lain-lain yang mesti ikut dihitung.

Baca: iPhone 8 Dibongkar, Ketahuan Punya Chip Misterius

Komponen-komponen iPhone 8 usai dibongkar oleh IHS Markit.IHS Markit Komponen-komponen iPhone 8 usai dibongkar oleh IHS Markit.
Darimana asal kenaikan harga itu? Beberapa komponen iPhone 8 lebih mahal dibanding milik iPhone 7. Chip A11 Bionic berikut subsistem grafis dan AR co-processor, misalnya, lebih mahal 5 dollar AS dibandingkan chip di ponsel terdahulu.

Sementara, seperti dirangkum KompasTekno dari Bloomberg, Rabu (27/9/2017) harga storage yang berlipat dua dari 32 GB menjadi 64 GB juga lebih mahal 5 dollar AS. Adapun komponen kamera yang kemampuannya ditingkatkan di iPhone 8 berharga 32,5 dollar AS.

"Nilai lebihnya (iPhone 8) ada di memori, kamera, dan prosesor. Di sinilah kita bisa mengidenfitikasi di mana letak peningkatannya, dan mengapa mereka (Apple) mematok harga lebih mahal," ujar analis IHS Markit, Wayne Lam.

Komponen termahal dari iPhone 8, seperti juga model-model iPhone sebelumnya, adalah panel layar yang benderolnya bisa mencapai 52,5 dollar AS di iPhone 8 Plus (5,5 inci). Kaca pelapis Gorilla Glass juga hampir sama mahalnya di angka 51 dollar AS.

Lam menambahkan, iPhone 8 sebenarnya hanya menggunakan pakem formula komponen yang sudah teruji di lini iPhone sebelumnya. Perubahan jauh lebih besar kemungkinan bakal ditemukan di iPhone X yang dijadwalkan mulai tersedia pada November mendatang.

Baca: Kamera iPhone 8 Plus Jadi yang Terbaik Saat Ini, Kalahkan Google Pixel

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber Bloomberg
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X