Kompas.com - 28/09/2017, 11:15 WIB
iPhone X AppleiPhone X
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sudah resmi dirilis ke pasaran dunia. Akan tetapi, perangkat yang banyak ditunggu penggemar adalah iPhone X (baca: iPhone Ten) dengan layar nyaris tanpa bingkai.

Selain tampang yang lebih unik, dari bocoran spesifikasi yang beredar pekan ini, terungkap bahwa "jeroan" iPhone X pun agaknya bakal lebih tinggi dibandingkan duo iPhone 8.

Bocoran tersebut berasal dari daftar yang dirilis oleh badan sertifikasi ponsel di China, Chinese Ministry of Industry and Information Technology Telecommunication Equipment Certification Center (TEENA).

Sertifikat TEENA mengungkapkan bahwa iPhone X memiliki baterai 2.715 mAh, lebih besar dari milik iPhone 8 (1.821 mAh), dan berselisih sedikit dari iPhone 8 Plus (2.691 mAh).

Baca: Membandingkan Spesifikasi iPhone X, iPhone 8, dan Galaxy Note 8

Baterai besar tersebut kemungkinan diperlukan karena iPhone X memiliki layar bezel-less selebar 5,8 inci, lebih besar dari iPhone 8 Plus (5,5 inci).


Seperti duo iPhone 8, iPhone X pun ditenagai chip A11 Bionic. Kecepatan kerjanya 2,4 GHz dan dipasangkan dengan RAM berkapasitas 3 GB seperti iPhone 8 Plus, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Rabu (27/9/2017).

Di luar spesifikasi "jeroan", iPhone X turut mengusung sejumlah fitur baru yang sebelumnya belum pernah ada di jajaran iPhone.

Misalnya saja teknologi pengenal wajah Face ID yang menggantikan Touch ID dan mode navigasi baru berbasis gestur yang menggeser fungsi tombol home fisik.

Apple baru akan mulai membuka pre-order iPhone X pada 27 Oktober mendatang, sementara jadwal ketersediaannya di pasar adalah 3 November.

Beberapa analis berpendapat stok iPhone X yang dibanderol mulai 999 dollar AS atau lebih dari  Rp 13 juta ini bakal tipis di pasaran, setidaknya hingga awal 2018. 

Baca: Dibongkar, Harga Asli iPhone 8 Terungkap

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber MacRumors
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.