Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur "Live Location" WhatsApp Sudah Bisa Dipakai di Indonesia

Kompas.com - 20/10/2017, 09:52 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Fitur Live Location di WhatsApp kini hadir di Indonesia, sebagaimana pantauan KompasTekno, Jumat (20/10/2017). Fitur tersebut memungkinkan pengguna membagi lokasi atau melacak perjalanan teman secara real-time dengan orang-orang terkasih.

WhatsApp pun membebaskan pengguna mengatur durasi dalam membagi Live Location, mulai dari 15 menit, 1 jam, dan 8 jam. Dengan begitu, Live Location bisa dimanfaatkan dalam kondisi tertentu saja.

Misalnya ketika hendak janjian dengan teman di tempat A, maka bisa saling melacak posisi satu sama lain. Jika Anda pulang ke rumah larut malam pun bisa membagi Live Location via WhatsApp ke orang tua agar tak khawatir.

Fitur Live Location ini sejatinya bukan ide orisinil WhatsApp. Sebelumnya, Google lebih dulu mengimplementasikannya dengan fungsi dan mekanisme yang sama di layanan peta digital Maps.

Baca: Begini Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Live Location di WhatsApp sendiri sebenarnya sudah diuji coba sejak beberapa saat lalu. WhatsApp menjanjikan perilisan resminya di berbagai negara dalam beberapa minggu ke depan.

Indonesia agaknya menjadi salah satu negara yang cepat mendapat pembaruan ini. Lantas, bagaimana cara memanfaatkan fitur Live Location?

Menu Live Location di WhatsApp untuk berbagi lokasi secara langsung atau real time dalam waktu tertentu.WhatsApp Menu Live Location di WhatsApp untuk berbagi lokasi secara langsung atau real time dalam waktu tertentu.
Anda cukup membuka ruang chat personal atau grup tertentu di WhatsApp. Tekan tombol “attach”, pilih menu "Location" yang disimbolkan dengan peta, lalu pilih opsi “Share Live Location” yang muncul di barisan atas.

Pilih berapa lama Anda ingin membagi lokasi real-time dan tekan “send”. Jika membaginya di grup, tiap anggota bisa melihat lokasi atau melacak lokasi real-time Anda.

Anggota-anggota lain juga bisa membagi lokasi real-time mereka pada saat bersamaan. WhatsApp akan menyodorkan lokasi-lokasi tersebut pada satu antarmuka peta digital.

Selamat mencoba!

Baca: Pengguna WhatsApp Bisa Lacak Lokasi Teman Secara Langsung

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com