Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Update Android Smartphone Nokia Lebih Cepat

Kompas.com - 27/10/2017, 10:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Meski menjadi pendatang baru di pasar smartphone Android, namun Nokia memberikan janji istimewa bagi pembeli smartphone-nya. Nokia bakal memberikan update sistem operasi lebih cepat dibanding vendor lain.

Diketahui, Nokia baru saja merilis pembaruan software untuk flagship Nokia 8. Kini, pengguna Nokia 8 sudah bisa menjajal sistem operasi terbaru, Android Oreo meski masih dalam versi beta. Kebijakan ini juga berlaku bagi smartphone non-flagship, seperto Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Hal tersebut diumbar Chief Product Officer HMD Global, Juho Sarvikas, melalui kicauan di akun Twitter personalnya (@sarvikas). Dengan ini, Nokia 8 menjadi smartphone non-Nexus dan non-Pixel pertama yang bisa menjajal Android Oreo.

Jika Anda adalah pengguna smartphone Nokia non-flagship, tak perlu khawatir. Nokia sesumbar Android Oreo akan segera hadir pula pada lini-lini menengah ke bawah seperti Nokia 3, Nokia 5, dan Nokia 6.

Selama ini, smartphone Android yang selalu lebih dulu mendapatkan update OS adalah Nexus dan Pixel yang notabene adalah bikinan Google. Smartphone Android yang masuk dalam program Android One juga dikatakan bakal mencicipi software terbaru lebih cepat.

Belum jelas kapan Nokia merilis versi final Android Oreo untuk produk-produknya. Meski masih dalam versi beta, setidaknya Nokia menunjukkan komitmennya untuk menjadi yang tercepat meluncurkan update sistem operasi.

Nilai tambah

Hal ini bisa menjadi salah satu nilai tambah Nokia dibandingkan vendor-vendor smartphone lainnya. Saat ini diketahui Samsung, LG, HTC, Motorola, dkk, masih berupaya untuk memberikan Android Oreo ke para pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (27/10/2017), dari BGR.

Tiap-tiap vendor smartphone sedang berupaya membuat versi Oreo yang bisa berjalan mulus di masing-masing handset buatannya, setelah OS terbaru itu dirilis Google.

Sony Xperia XZ Premium digadang-gadang bakal jadi smartphone selanjutnya yang mendapati Android Oreo. Sementara Samsung dikatakan mulai menyebar Android Oreo untuk beberapa smartphone pada awal 2018 mendatang.

Android Oreo pertama kali diperkenalkan pada ajang Google I/O, di Mountain View, California, AS, pada Mei lalu. Peluncuran resminya pada Agustus 2017 atau sekitar dua bulan lalu.

Beberapa fitur unggulan Android Oreo mencakup background limit untuk menghemat baterai dan data, notification channel dan dots untuk mempermudah akses ke hal-hal penting, picture in picture untuk menunjang produktivitas dengan dua aplikasi pada satu waktu, serta keamanan yang diklaim lebih mumpuni.

Optimasi sistem operasi pada Android Oreo digadang-gadang bisa menghasilkan performa dua kali lebih cepat dari versi sebelumnya. Bagi pecinta emoji, ada lebih dari 60 emoji baru yang tersedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com