Ada Fitur "Stories", Facebook Lite Kehilangan Jati Diri?

Kompas.com - 27/10/2017, 12:03 WIB
Fitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook. Facebook NewsroomFitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook Stories kini tersedia di aplikasi Facebook Lite (FB Lite), yakni versi ringan dan hemat data dari Facebook. Dengan begitu, pengguna bisa membagi dan melihat konten Stories meski dalam mode hemat data.

Keputusan Facebook ini memicu kontroversi. Langkah itu sampai disebut membuat FB Lite kehilangan jati diri. Sebagian sepakat bahwa Facebook Stories menjadi salah satu fitur andalan Facebook, sehingga wajar jika diekspansi ke FB Lite.

Namun tak sedikit pula yang menganggap kehadiran Facebook Stories mematahkan karakteristik FB Lite. Pasalnya, FB Lite dirancang untuk memberikan pengalaman penjajalan Facebook yang simpel di aplikasi mobile.

FB Lite mulanya hanya menampilkan fitur-fitur inti dari Facebook semacam linimasa, status, dan komentar. Konten visual direduksi sebisa mungkin.

Baca juga : Aplikasi Twitter Hemat Data Diuji di Android

Jaringan yang berjalan pada FB Lite pun hanya 2G. Jaringan itu dianggap sudah cukup untuk sekadar mengetahui update terkini dari teman-teman di Facebook.

Kini, dengan adanya Facebook Stories, beberapa orang menganggap FB Lite kehilangan esensi dan jati diri, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (27/10/2017), dari TheNextWeb.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terlepas dari itu, jika Anda adalah pengguna aktif Facebook Stories dan memiliki smartphone minim memori, ada baiknya menjajal fitur itu via FB Lite.

Kapasitas memori yang dimakan FB Lite sangat enteng, baik itu data mentah maupun setelah di-install. FB Lite hanya berbobot sekitar setengah megabyte. Berbeda dengan aplikasi Facebook reguler yang mencapai puluhan megabyte.

Saat ini Facebook Stories untuk FB Lite tengah disebar secara bertahap. Perbarui atau install baru aplikasi FB Lite melalui Apple App Store atau Google Play Store. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.