Kompas.com - 15/11/2017, 15:29 WIB
Fitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook. Facebook NewsroomFitur Facebook Stories di deretan atas timeline Facebook.
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Facebook mengintegrasikan fitur Stories di layanan Messenger Day dan Facebook Stories. Penggabungan ini akan lebih mempermudah pengguna untuk menggunakan fitur Stories di kedua platform tersebut.

Messenger Day adalah fitur di Facebook Messenger untuk berbagi foto dan video yang yang akan terhapus dengan sendirinya setelah 24 jam.

Ketika mengunggah Stories di Messenger, maka postingan tersebut otomatis akan muncul di Facebook Stories juga, berlaku pula sebaliknya.

Seperti unggahan Stories di Instagram atau WhatsApp, pengguna bisa mengunggah foto atau video yang hanya akan bertahan 24 jam. Meskipun telah digabung, baik Facebook dan Messenger tetap memiliki efek Stories yang berbeda.

Baca: Messenger Day, Tiruan Snapchat Stories dari Facebook?

Facebook memiliki topeng dan teknologi augmented reality (AR) serupa Snapchat, sedangkan Messenger tetap fokus pada stiker dan menggambar pada foto. Dengan efek yang berbeda, meskipun Stories akan muncul di Facebook maupun Messenger Day dalam waktu yang bersamaan, efek yang ditampilkan di Stories tetap berbeda.

Teman di Facebook maupun Messenger yang telah melihat Stories pengguna lainnya di salah satu fitur, tidak akan melihat postingan yang sama di fitur satunya, sebagaimana KompasTekno kutip dari The Next Web, Rabu (14/11/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang berhak melihat unggahan Stories miliknya. Mereka juga bisa memilih siapa saja yang bisa melihat unggahan Stories-nya, baik di Facebook dan Messenger. Pengguna juga bisa mengatur untuk menyembunyikan pesan untuk teman-teman tertentu di kedua platform.

Sebelum penggabungan Stories di Facebook dan Messenger Day, Facebook telah menguji coba 'menyebrangkan' postingan Stories di Facebook dan Instagram. Hal ini dilakukan setelah Instagram menembus angka 300 juta pengguna aktif bulanan per September 2017 lalu.

Untuk diketahui, Facebook kini memiliki empat varian fitur Stories di platform yang 'dipayunginya', yakni Instagram, WhatsApp, Facebook dan Messenger Day.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.