Kompas.com - 21/11/2017, 13:05 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Uber beriskukuh mengembangkan jasa transportasi mobil tanpa sopir (swa-kemudi). Layanan ride-sharing asal Amerika Serikat (AS) itu dilaporkan memborong mobil SUV Volvo XC90 sebanyak 24.000 unit untuk merealisasikan armada mobil tanpa sopir.

Volvo XC90 yang per unitnya dihargai 45.750 dollar AS (sekitar Rp 600 jutaan) bakal mulai dikirim pada 2019 hingga 2021 mendatang.

Mobil ini memiliki dasar teknologi swa-kemudi, sehingga memungkinkan Uber untuk menambahkan teknologi swa-kemudi yang dikembangkannya sendiri selama ini.

"Kesepakatan ini sejalan dengan kendaraan swa-kemudi yang mulai diproduksi massal dalam skala besar," ujar Jeff Miller, Head of Auto Allliances Uber seperti dikutip KompasTekno dari The Verge, Selasa (21/11/2017) .

Baca juga : Mobil Tanpa Sopir Uber Mengalami Kecelakaan Parah

Mobil swa-kemudi Volvo yang dioperasikan Uber dijanjikan bisa menjalankan kemudi secara otomatis tanpa campur tangan manusia.

Armada ini mengandalkan sensor-sensor seperti kamera 360 derajat, pendeteksi jarak obyek, GPS, juga radar. Sebagian peralatan itu diletakkan dalam modul khusus di atap kendaraan.

Keputusan Uber ini cukup berani mengingat banyak pro dan kontra mengenai mobil swa-kemudi di AS.

Selain kecelakaan parah saat uji coba mobil swa-kemudi Uber di Arizona pada Maret lalu, Uber juga didera kasus hukum atas kasus pencurian teknologi yang dituduhkan oleh produsen mobil swa-kemudi milik Google, Waymo.

Baca juga : Google Minta Uber Hentikan Uji Mobil Tanpa Sopir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.