Admin WhatsApp Bakal Bisa Bungkam Celotehan Anggota Grup

Kompas.com - 04/12/2017, 13:59 WIB
Ilustrasi MashableIlustrasi
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Grup WhatsApp terkadang mengganggu karena terlalu banyak suara yang meminta didengar. Alhasil, diskusi kerap tak fokus dan melebar ke mana-mana.

WhatsApp agaknya hendak mengatasi masalah ini dengan menguji coba fitur bertajuk “Restricted Groups”. Fitur itu memungkinkan admin grup saja yang bisa mengirim pesan, sementara anggota lainnya cuma bisa membaca pesan.

Restricted Group terendus pertama kali oleh WABetaInfo yang selama ini sering mengungkap fitur-fitur WhatsApp dalam tahap pengetesan. Versi beta Restricted Group sendiri hadir untuk Android dan iOS.

Intinya, Restricted Group mempersilahkan admin untuk mematikan fungsi chat-group. Fitur ini mengagungkan komunikasi satu arah, cocok untuk menyebar pengumuman atau informasi-informasi penting lainnya yang tak butuh tanggapan balik.

“Fitur ini penting ketika admin ingin semua anggota memusatkan perhatian ke satu topik yang dipilih, misalnya untuk catatan penting ketika mengorganisir suatu acara,” begitu dituliskan dalam blog WABetaInfo, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (4/12/2017).

Anggota grup akan tahu sang admin mengaktifkan fitur ini melalui sebuah notifikasi. Bunyinya lebih kurang “(nama admin) memperbolehkan hanya para admin yang bisa mengirim pesan ke grup ini”.

Hingga kini WhatsApp belum mengumbar soal keberadaan fitur ini. Belum jelas pula kapan fitur ini akan dikomersilkan untuk semua pengguna. Kita tunggu saja.

Baca juga : Begini Cara Memakai Fitur Pelacak Teman di WhatsApp

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber WABetaInfo

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X