Kompas.com - 26/12/2017, 09:08 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Akhir 2017, sudah banyak bocoran yang beredar soal lini-lini smartphone flaghsip yang akan meluncur sepanjang 2018. Mayoritas adalah generasi penerus dari smartphone yang tiap tahunnya memang diperbarui.

Fokus 2018 sendiri adalah flagship yang "jeroan"-nya menggunakan chip Snapdragon 845 teranyar buatan Qualcomm. Khusus untuk Apple, banyak yang bertanya-tanya seperti apa penerus iPhone X nantinya.

Selengkapnya, berikut jejeran smartphone yang paling ditunggu-tunggu pada 2018 mendatang, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/12/2017), dari PhoneArena.

1. Apple iPhone Xs, iPhone 8s, dan iPhone 8s Plus.

Banyak yang memprediksi generasi penerus iPhone X disematkan embel-embel "s" menjadi iPhone Xs. Menurut beberapa bocoran, desain dan ukurannya masih sama dengan iPhone X.

Yang membedakan adalah peningkatan pada sisi spesifikasi, sistem, dan performa kamera. Selain iPhone Xs, agaknya iPhone 8s dan iPhone 8s Plus juga akan menjadi primadona pada 2018 mendatang.

2. Samsung Galaxy S9 dan Galaxy Note 9

Galaxy Note 8 dengan aksesori pasangan, kamera Gear 360Oik Yusuf/KOMPAS.com Galaxy Note 8 dengan aksesori pasangan, kamera Gear 360

Seperti yang sudah-sudah, Galaxy S9 dan S9 Plus diharapkan meluncur pada kuartal pertama 2018, sekitar Februari atau Maret. Lantas Galaxy Note 9 digadang-gadang menyusul pada pengujung tahun.

Menurut rumor yang beredar, Samsung bakal menyematkan pemindai sidik jari di bawah layar yang tak kasat mata. Selain itu, performa sistem secara keseluruhan akan lebih baik lagi.

3. Google Pixel 3 dan 3XL

Google Pixel 2Google Google Pixel 2

Lini Google Pixel secara instan merebut hati para pecinta Android. Ada beberapa peningkatan yang diharapkan tertera pada generasi ketiga lini Google Pixel, antara lain komponen layar, baterai, kamera, serta kemampuan artificial intelligence (AI) dan machine learning (ML) pada fitur-fitur bawaannya.

4. OnePlus 6 dan 6T

Tampak depan dan belakang OnePlus 5.OnePlus Tampak depan dan belakang OnePlus 5.

Sekitar empat tahun berkutat di industri smartphone, OnePlus telah berkembang pesat ditilik dari lini yang diluncurkan. Pada 2017, OnePlus 5 dan OnePlus 5T sudah mulai matang dari segi desain dan performa.

Pada 2018, OnePlus 6 dan 6T diharapkan mampu menghadirkan kemampuan kamera yang lebih baik dengan sistem antarmuka Oxygen OS yang lebih efisien dan stabil.

5. LG G7 dan LG V40

LG G6 tampak depanYoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.com LG G6 tampak depan

Sepanjang 2017, LG telah meluncurkan seri-seri yang mengagumkan, yakni LG V30 dan LG G6. Penerus dua lini tersebut, LG V40 dan LG G7, diharapkan akan menawarkan fitur-fitur baru yang lebih inovatif dengan pertahanan performa yang sama garangnya.

6. HTC U12

HTC U11Android Central HTC U11

HTC U11 menunjukkan idealisme HTC dalam menciptakan smartphone berkualitas di tengah pertumbuhan bisnis yang melambat. Pada 2018 nanti, HTC U12 diharapkan menghadirkan desain layar edge-to-edge, kamera yang lebih baik, serta antarmuka yang lebih mumpuni.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.