Instagram Bakal Sediakan Fitur Video Call?

Kompas.com - 30/01/2018, 15:28 WIB
Logo Instagram InstagramLogo Instagram
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Instagram dirumorkan bakal adopsi fitur video call pada aplikasinya. Sama seperti Facebook, fitur ini kabarnya bakal diletakkan pada opsi direct message atau pesan.

Dengan ini, pengguna Instagram dapat membuat panggilan video ke pengguna lainnya, seperti yang dilakukan Facebook dan WhatsApp. Perbedaannya, untuk melakukan panggilan video, pengguna tidak perlu menyimpan nomor ponsel.

Fitur video call saat ini memang menjadi penyelamat sekaligus fitur populer bagi sejumlah aplikasi media sosial. Video call milik Facebook misalnya yang mencatat kenaikan jumlah obrolan pada tahun lalu.

Tahun 2017, Facebook mencatat obrolan video sebanyak 17 miliar kali. Jumlah ini naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Baca juga : Ini Syarat Pakai Video Call di WhatsApp

Demikian pula dengan SnapChat. Meski pendapatan aplikasi pesan foto ini menurun drastis akibat "ditiru" Instagram, fitur panggilan video dan audio menyelamatkannya dari keterpurukan. Sebab banyak pengguna SnapChat masih menggunakan fitur ini.

Saat ditanya mengenai kabar tersebut, Instagram enggan berkomentar. Bahkan, dengan gaharnya mereka menyebutkan tidak akan menjawab pertanyaan mengenai sejumlah rumor, seperti dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Selasa (30/1/2018).

Reaksi yang diberikan Instagram berbeda saat mereka ditanya mengenai rumor fitur gambar GIF. Saat itu, Instagram menanggapi dengan pernyataan bahwa pihaknya selalu menguji pengalaman baru untuk komunitas Instagram.

Seminggu setelah Instagram mengeluarkan pernyataan tersebut, fitur Giphy for Stories GIF yang dirumorkan resmi meluncur.

Melihat reaksi berbeda dari Instagram, bisa jadi fitur video call antar pengguna tidak akan pernah rilis. Atau mungkin saja aplikasi berbagi gambar itu punya pemikiran lain.  

Meski begitu, pengguna Instagram masih bisa berhubungan secara face-to-face ke pengguna lainnya. Sebab, fitur siaran langsung pada  Instagram bisa dilakukan oleh lebih dari satu pengguna.

Ini tentunya memungkinkan penggunanya berinteraksi secara real-time. Hanya saja, interaksi tersebut disaksikan banyak mata sebab disiarkan dan dilihat oleh banyak orang. Bukan secara privat layaknya fitu WhatsApp atau Facebook.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X