Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/02/2018, 16:07 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seiring permintaan privasi di media sosial, banyak beberapa perusahaan media sosial menerapkan login dengan otentikasi dua-langkah atau two-factor verification.

Secara sederhana, otentikasi dua-langkah merupakan proteksi berlapis sebuah aplikasi ketika pengguna hendak masuk ke akunnya. Metode otentikasi dua-langkah umumnya menggunakan SMS untuk mengirim kode verifikasi.

Selain memasukan kata sandi, pengguna juga harus memasukan kode verifikasi yang diterima melalui SMS. Namun ada juga metode lain seperti yang dipakai iCloud besutan Apple.

Selain menggunakan verifikasi keamanan melalui SMS, iCloud juga menggunakan metode "Trusted Device", mengacu ke perangkat yang diketahui milik pengguna, bukan nomor ponsel.

Jadi, sistem akan mengirim langsung empat digit kode verifikasi ke perangkat yang telah dipercaya dan terverifikasi, misalnya ke iPhone atau iPad penguna. Kode tersebut akan muncul di jendela kecil pada layar perangkat ketika kunci lockscreen dibuka.

Apakah aman untuk melindungi akun?

Sedikit rumit memang, namun, metode otentikasi dua-langkah ini membuat akun lebih aman dari penyusup yang bisa jadi memiliki kata sandi akun iCloud, Gmail, Facebook, atau Twitter Anda.

Jika si penyusup mencoba masuk ke akun Anda, mereka akan dimintai kode verifikasi lebih dulu. Nomor tersebut dikirim via SMS langsung ke nomor ponsel yang digunakan ketika mendaftar sebuah akun.

Jadi, Anda akan tahu lebih awal jika seseorang ingin mengakses akun Anda melalui SMS tersebut. Tanpa kode ini, orang lain pun tidak bisa masuk meski ia memiliki kata sandi Anda.

Lantas, bagaimana jika ponsel tak terbawa, ponsel hilang, atau nomor telepon diblokir? Untungnya, hampir semua metode otentikasi dua-langkah menawarkan kode cadangan untuk mengatasi kejadian semacam itu.

Kode cadangan akan diberikan usai pengguna mengaktifkan verifikasi dua langkah. Kode ini biasanya berupa kombinasi angka dan huruf yang panjang.

Baca juga : Fitur Baru Facebook Permudah Pengguna Jaga Privasi

Jumlahnya ada beberapa dan dimaksudkan untuk disimpan baik-baik oleh si empunya akun, misalnya dengan cara ditulis di kertas dan ditaruh di tempat aman. Bisa juga menggunakan aplikasi manager kata sandi seperti Dashlane atau LastPass.

Apabila pengguna tak bisa menerima kode lewat SMS, kode cadangan ini bisa dipakai sebagai alternatif. Sifatnya hanya sekali pakai, karena itu diberikan beberapa buah.

Cara mengaktifkan otentikasi dua-langkah

KompasTekno telah merangkum cara mengaktifkan otentikasi dua-langkah dari beberapa media sosial yang umum dipakai dari Pocket-Lint, Kamis (22/2/2018). Simak selengkapnya di bawah.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com