iPhone dengan Ukuran Layar Terbesar Meluncur Tahun Ini?

Kompas.com - 27/02/2018, 19:11 WIB

KOMPAS.com - Selentingan kabar menyebutkan jika Apple akan meluncurkan tiga iPhone sekaligus tahun ini.

Pertama adalah upgrade iPhone X dengan ukuran layar yang sama yakni 5,8 inci, iPhone X versi murah dengan fitur utama yang serupa dan terakhir, model lain dengan layar jumbo berbentang 6,5 inci. Model terakhir digadang-gadang sebagai bakal iPhone X Plus.

Jika benar bahwa iPhone X Plus bakal mengusung layar 6,5 inci, maka perangkat tersebut bakal menjadi iPhone dengan ukuran layar terbesar yang pernah dibuat Apple.

Layar jumbo 6,5 inci diharapkan mampu menunjang kebutuhan multi-tasking yang lebih baik dan kemampuan pembagi layar (split screen). Kabarnya, iPhone jumbo tersebut tengah dalam masa uji produksi dengan beberapa pemasok besar.

Foto yang menunjukkan layar OLED dengan ukuran lebih besar dari iPhone X juga beredar di internet. Kabarknya, foto tersebut berasal dari pabrik LG pemasok layar iPhone.

Purwarupa iPhone layar jumbo yang mirip dengan iPhone XMac Rumor Purwarupa iPhone layar jumbo yang mirip dengan iPhone X
Dalam uji produksi tersebut, iPhone jumbo diberi kode nama D33.

Dari purwarupa yang beredar, D33 tampak mirip dengan desain iPhone X lengkap dengan takik (notch) di layar bagian atas.

Notch (poni layar) tersebut berukuran lebih kecil dibanding iPhone X sebelumnya.

Bersama dua model lainnya, D33 akan mengusung fitur display edge-to-edge dan sensor kamera TrueDepth, artinya kemungkinan perangkat ini akan meggunakan sistem Face ID.

Di dalamnya, akan tersemat chipset generasi baru Apple yakni A12, sementara chipset A11 Bionic yang sebelumnya ada di iPhone X keluaran 2017, diperkirakan akan muncul untuk versi lebih murah.

Baca juga: iPhone X Versi Murah Diramal Bakal Laris Manis

Dilansir KompasTekno dari The Next Web, Selasa (27/2/2018), Apple juga dikabarkan akan mempertimbangkan opsi dual SIMcard untuk iPhone 6,5 inci tersebut. Apple juga sedang mempertimbangkan menggunakan teknologi E-SIM, yang sebelumnya telah ada di iPad dan Apple Watch.

Dengan E-SIM, pengguna bisa terkoneksi dengan beberapa jaringan, terutama jika berkunjung ke luar negeri, tanpa harus bongkar-pasang kartu SIM.

Meskipun iPhone layar jumbo masuk dalam kategori "phablet" (kategori ponsel dengan ukuran layar antara 5-7 inci), namun Apple sepertinya enggan menggunakan istilah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.