Asisten Digital Bikinan Amazon Dilaporkan Sering Tertawa Sendiri - Kompas.com

Asisten Digital Bikinan Amazon Dilaporkan Sering Tertawa Sendiri

Kompas.com - 12/03/2018, 14:26 WIB
Amazon EchoAmazon Amazon Echo

KOMPAS.com - Bagaimana perasaan Anda kalau tiba-tiba mendengar suara tertawa yang tak jelas sebabnya? Takut? Khawatir? Itulah yang belakangan dialami para pengguna speaker pintar Echo bikinan Amazon.

Program asisten digital Alexa yang tertanam di Echo sering tertawa sendiri sehingga membuat penggunanya ketakutan. Laporan tentang kelakuan aneh Alexa ini mulai banyak bermunculan pekan lalu.

“#Alexa saja tiba-tiba tertawa tanpa sebab saat saya sedang berbicara dengan orang. Menakutkan sekali! Inilah suara yang dia putar,” keluh seorang pemilik Alexa bernama Tal Goldfus di Twitter.

Goldfus menyertakan sebuah klip video di mana ia meminta Alexa memainkan suara yang terakhir diputar, lalu terdengarlah bunyi tertawa itu. Goldfus tak sendiri, ada banyak pengguna Alexa lain yang mengeluhkan hal serupa di Twitter.


Selidik punya selidik, Amazon sang pembikin Alexa mengaku sudah menemukan penyebab di balik tertawanya sang asisten digiital. Alexa disinyalir salah mendengar kata-kata penggunanya ketika berbicara dan mengartikannya sebagai perintah untuk tertawa.

“Kadang Alexa bisa salah, seolah-olah mendengar perintah ‘Alexa, laugh (Alexa, tertawalah)’,” sebut Amazon, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The New York Times, Senin (12/3/2018).

Amazon pun berencana mengubah kata-kata untuk perintah tersebut, dari “Alexa, tertawalah” menjadi “Alexa, bisakah kamu tertawa? (Alexa, can you laugh?)” supaya ia tak gampang salah dengar perintah.

Agar pengguna tak kaget kalau Alexa tetap tertawa mendadak, reaksi Alexa terhadap perintah itu pun akan diubah dari sekadar tertawa begitu saja menjadi ucapan “Tentu, aku bisa tertawa”.

Amazon berjanji bakal bakal menyalurkan “obat” untuk kelakuan aneh Alexa dalam waktu dekat lewat update software.

Speaker pintar macam Echo dan Google Home yang dikendalikan oleh software asisten digital (Alexa, Google Assistant) telah lama dikhawatirkan bisa melanggar privasi lantaran terus menerus “menguping” pembicaraan orang di sekitarnya.

Sebelum kejadian Alexa tertawa sendiri, sudah ada laporan soal anak yang bisa memesan barang di internet lewat speaker pintar tanpa izin orang tuanya.

Bahkan ada salah satu restoran cepat saji yang sengaja menyisipkan perintah suara “OK Google” (untuk speaker Google Home) di iklan televisinya sehingga speaker bereaksi tiap kali mendengar iklan tersebut muncul di TV.

Baca juga : Speaker Pintar Selamatkan Ibu dan Anak dari Todongan Pistol



Close Ads X