Google Tambahkan Fitur "Main Dulu Sebelum Unduh" di Play Store

Kompas.com - 21/03/2018, 09:18 WIB
Google Play Instant, mengijinkan pengguna mencoba game sebelum mengunduhnya di perangkat AndroidKompas.com Google Play Instant, mengijinkan pengguna mencoba game sebelum mengunduhnya di perangkat Android

KOMPAS.com - Google secara resmi mengumumkan fitur Google Play Instant di Google Play Store, dalam agenda Developers Conference yang berlangsung di San Francisco, AS, Senin (19/3/2018).

Fitur tersebut memungkinkan pengguna bisa mencoba lebih dulu aplikasi game sebelum mengunduh dan menginstalnya di perangkat Android.

Beberapa game awal yang masuk ke Google Play Instant, antara lain Clash Royale, Solitaire, Bubble Witch 3 Saga, Mighty Battles, Words with Friends 2, dan Final Fantasy XV.

Untuk memanfaatkan fitur Play Instant caranya cukup mudah. Setelah membuka Google Play Store dan memilih salah satu game di atas, klik opsi "info detail" lalu pilih "coba sekarang" (play), maka pengguna akan disuguhkan simulasi game yang bisa dicoba dulu sebelum di-download.

Fitur Google Play Instan yang mengijinkan penggunanya mencoba game sebelum mengunduhnyaKompas.com Fitur Google Play Instan yang mengijinkan penggunanya mencoba game sebelum mengunduhnya

Sebenarnya, Google Play Instant telah dikembangkan Google sejak dua tahun lalu. Fitur ini memungkinkan aplikasi Android dibuka di web browser lewat sebuah URL khusus. Sehingga, pengguna Android bisa mengakses fitur sebuah aplikasi lebih dulu tanpa harus mengunduhnya.

Baca juga : Ini Dia, Game Pertama yang Diunduh 1 Miliar Kali di Play Store

Selain Play Instaant, Google juga menambahkan menu "Arkade" dalam desain ulang Google Play Games yang akan menampilkan cuplikan permainan sebuah game. Ada pula tag baru seperti "New" dan Action (laga) yang membuat gamer semakin mudah menemukan game favoritnya.

Tak hanya itu, berdasarkan lansiran KompasTekno dari Cnet, Rabu (21/3/2018), Google juga berencana menambahkan koleksi video di YouTube dan berita seputar game favorit untuk menunjang skill gaming para gamer sehingga bisa lebih jago dalam bermain game.

Peningkatan fitur pada layanan game bukan tanpa alasan. Sebab, game menjadi unduhan paling tinggi di perangkat mobile. Tahun 2017 lalu, Google telah mencatatat kenaikan lebih dari dua kali lipat dari para pengguna Android yang memasang game di perangkatnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X