Kompas.com - 10/04/2018, 14:10 WIB
Tangkapan layar video render Mi 7 Science and KnowledgeTangkapan layar video render Mi 7

KOMPAS.com - Lama tak terdenga rumornya, Xiaomi dikabarkan menunda peluncuran Xiaomi Mi 7. Hal itu dikarenakan Xiaomi sedang mengotak-atik perubahan sensor depan, termasuk sensor Infrared Camera (IR) dan juga desain flagship Mi 7.

Dari bukti yang beredar, Mi 7 juga akan menyelipkan "notch" atau takik di bagian muka seperti deretan falgship Android saat ini. Beberapa spekulasi spesifikasi memang tidak berubah, seperti penggunaan panel OLED dan dapur pacu Snapdragon 845 SoC.

Namun, beberapa spesifikasi ada yang berubah seperti kapasitas baterai dari 3.170 mAh menjadi 3.400 mAh.

Baca juga: Gara-gara Rasi Bintang, Tabir Xiaomi Mi 7 Tersingkap

Dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Selasa (10/4/2018), di dalam MIUI Camera, MIUI SystemUI, dan MIUI Settings Apps, ditemukan beberaa dugaan yang merujuk pada munculnya "notch".

Koding MIUI pada Xioami Mi 7 yang menunjukan indikasi adanya notchXDA Developers Koding MIUI pada Xioami Mi 7 yang menunjukan indikasi adanya notch
Kode-kode tersebut bertanggung jawab untuk menyesuaikan tinggi status bar dan menyembunykan kemampuan untuk mengkustom indikator baterai serta ikon notifikasi di dalam status bar pengaturan MIUI.

Selanjutnya, beberapa koding bernama ro.miui.notch yang ditemukan juga semakin meyakinkan adanya "poni" pada Mi 7 mendatang.

Bukti lainnya adalah skema gambar desain yang diduga Mi 7, dengan takik kecil yang menjorok di permukaan display.

Notch yang diduga sebagai skema desain Xiaomi Mi 7XDA Developers Notch yang diduga sebagai skema desain Xiaomi Mi 7

Di dalam aplikasi MIUI Keyguard, yang bertanggung jawab untuk mengunci layar dan semua fungsional layar, ditemukan beberapa metode yang disebut openIRCamera. Metode ini mirip dengan fitur MIUI Face Unlock.

Ada kemungkinan jika IRCamera di sini merujuk pada sensor IR, yang menjadi salah satu komponen Face ID milik Apple.

Baca juga: Xiaomi Mi 7 Bakal Ikuti Vivo Apex?

Apakah semua terjemahan koding dan bukti ini benar, jika flagship Mi 7 akan iku menggunakan "poni", patut untuk ditunggu. Sebab, belum ada informasi kapan Mi 7 akan resmi diluncurkan, setelah sempat ditunda.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X