Isi Pidato Zuckerberg soal Kebocoran Data di Hadapan Wakil Rakyat

Kompas.com - 10/04/2018, 20:29 WIB
Pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg (kanan) dijadwalkan memberi kesaksian di kongres Amerika Serikat terkait skandal kebocoran data pengguna Facebook, hari Rabu (11/4/2018). THE NEW YORK TIMES/ PETE MAROVICHPendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg (kanan) dijadwalkan memberi kesaksian di kongres Amerika Serikat terkait skandal kebocoran data pengguna Facebook, hari Rabu (11/4/2018).
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com —Facebook adalah perusahaan yang idealis dan optimistis. Sepanjang sejarah kami, Facebook fokus pada hal-hal baik yang muncul dari menjalin hubungan antara manusia,” tulis Zuckerberg dalam teks naskah kesaksiannya untuk dibacakan di hadapan kongres Amerika Serikat.

Dia mengawali pidatonya dengan menjabarkan aneka manfaat Facebook untuk masyarakat, mulai dari membantu korban bencana alam hingga menyediakan wadah untuk usaha kecil menengah.

“Namun, kini jelas bahwa kami tak melakukan langkah yang cukup untuk mencegahnya digunakan untuk menyakiti orang lain juga. Misalnya lewat berita palsu, intervensi asing dalam pemilu, ujaran kebencian, serta privasi developer dan data,” lanjut Zuckerberg, sang pendiri sekaligus CEO Facebook.

Nada tulisannya berubah lebih kelam seiring pengakuan Zuck bahwa Facebook, seperti juga segala hal lain, ibarat pedang bermata dua yang tak hanya bisa digunakan untuk memberi manfaat, tapi juga melukai.

Baca juga: Zuckerberg: Penyembuhan Facebook Sangat Mahal dan Lama

“Kami tak mengemban tanggung jawab dengan baik. Itu adalah kesalahan besar. Kesalahan saya dan saya meminta maaf. Sayalah yang mendirikan Facebook dan menjalankannya. Saya bertanggung jawab atas apa yang terjadi,” imbuh Zuckerberg.

Kongres Amerika Serikat memanggil Mark Zuckerberg untuk memberikan kesaksian atas skandal kebocoran data pengguna yang belakangan ini mendera Facebook. Zuckerberg diminta menyampaikan pandangannya di hadapan wakil rakyat tentang kasus tersebut.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (10/4/2018), pidato tadi merupakan naskah yang telah disiapkan sebelumnya untuk dibacakan di kesaksian Zuckerberg yang dijadwalkan pada Rabu (10/4/2018) besok waktu AS.

Di dalam teks sepanjang 2.800-an kata itu, Zuckerberg turut menjelaskan langkah-langkah apa saja yang telah diambil Facebook untuk mencegah kebocoran data serupa di kemudian hari.

Dia juga menyentuh topik intervensi Rusia terhadap pemilu AS yang dilakukan lewat Facebook serta hal-hal lain yang kemungkinan akan ditanyakan oleh kongres.

Naskah pidato Zuckerberg selengkapnya bisa dibaca di laman pemerintah AS di tautan berikut.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X