Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Radio 4G Pertama di Dunia, Bentuknya "Jadul", Harganya Rp 17 Juta

Kompas.com - 21/04/2018, 20:44 WIB
Laksono Hari Wiwoho,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

ROMA, KOMPAS.com - Pesawat radio dari Italia ini unik. Bukan saja bentuknya yang mirip radio zaman dulu alias "jadul", tetapi juga kemampuannya yang istimewa karena merupakan radio pertama yang menggunakan jalur komunikasi 4G/LTE maupun sinyal radio analog.

Radio 4G dari Radionovelli ini diperkenalkan dalam acara Global Press Conference IFA Berlin 2018 di Roma, Italia, Jumat (20/4/2018)

Radio tersebut memungkinkan penggunanya mendengarkan siaran radio melalui internet dengan koneksi Wi-Fi atau lewat jaringan seluler dengan menggunakan kartu SIM. Radio ini juga bisa menangkap gelombang FM maupun digital audio broadcasting (DAB).

Jadi ketika sinyal analog tidak tersedia, radio ini akan mencari siaran dari jalur seluler 4G.

Radionovelli 4G Radio juga dilengkapi layar sentuh sebesar 7 inci. Selain menampilkan panel operasional radio, termasuk memunculkan playlist, layar ini juga berfungsi menampilkan iklan interaktif layaknya banner pariwara di web browser. Dari situ pengguna bisa berbelanja secara online.

Layar tersebut juga bisa digunakan untuk berselancar di Youtube, Apple Music, Skype, maupun menyaksikan live streaming berbayar.

Pengguna juga dapat mengoperasikannya dengan perintah suara (voice command) untuk memainkan lagu-lagu dari artis ataupun stasiun radio tertentu.

Pesawat radio dengan desain vintage ini mulai tersedia pada 7 Mei 2018 melalui pusat penjualan di Viale Libia, Italia, atau di website www.radionovelli.it dan Amazon. Harganya 1.000 euro atau sekitar Rp 17 juta.

Radionovelli 4G Radio diperkenalkan pada Global Press Conference IFA Berlin 2018 di Roma, Italia, Jumat (20/4/2018).KOMPAS.com/LAKSONO HARI WIWOHO Radionovelli 4G Radio diperkenalkan pada Global Press Conference IFA Berlin 2018 di Roma, Italia, Jumat (20/4/2018).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com