Opera Perkenalkan Browser “Satu Tangan”

Kompas.com - 01/05/2018, 13:14 WIB
Ilustrasi Opera Touch. OperaIlustrasi Opera Touch.
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Kebanyakan peramban mobile masih menempatkan tombol navigasi seperti pemilihan tab di bagian atas layar sehingga sulit dijangkau dengan jari.

Opera mencoba pendekatan berbeda lewat browser mobile baru bernama Touch yang dirilis pekan lalu. Opera Touch khusus dirancang agar mudah digunakan dengan satu tangan oleh para pengguna smartphone.

Saat pertama kali dibuka, Opera Touch akan langsung menampilkan kolom alamat URL yang bisa digunakan untuk mengunjungi situs atau melakukan pencarian di web.

Ketika pengguna menggulir laman ke atas, Opera Touch akan menampilkan sebuah tombol navigasi bernaama “Fast Action Button” di bagian bawah layar ponsel.

“Anda bisa menyapukan di tombol ini ke arah atas untuk mengakses Tab dan navigasi browser,” tulis Opera dalam laman keterangan peramban Touch.

Selain itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (1/5/2018), Opera Touch juga memiliki kemampuan sinkronisasi dengan browser Opera versi desktop, demikian pula sebalikya.

Pengguna juga bisa mengirimkan konten seperti tautan ke sebuah situs, gambar, video, dan catatan dari Opera Touch ke feed Opera Flow, sehingga bisa diakses dari semua perangkat yang menggunakan browser Opera.

Opera Touch saat ini baru tersedia untuk platform Android di toko aplikasi Google Play Store. Versi iOS sedang dikembangkan, dan disebut akan “segera tersedia”.

Baca juga : Begini Browser Internet Masa Depan Menurut Opera

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber The Verge
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X