Ramadhan, Belanja Online Baju dan Kecantikan Ungguli "Gadget"

Kompas.com - 07/05/2018, 16:05 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Angka transaksi jual beli pada bulan Ramadhan hingga jelang Lebaran kerap meningkat signifikan ketimbang hari biasa. Tak terkecuali untuk transaksi online.

Permintaan untuk produk kategori pakaian dan kesehatan diprediksi bakal melonjak, bahkan mengalahkan gadget atau elektornik.

Hal ini diungkapkan oleh Chief Marketing Officer Lazada, Achmad Alkatiri. Menurutnya, selama Ramadhan, produk pakaian dan kecantikan adalah kebutuhan orang secara masif berbeda dengan gadget atau produk elektronik yang hanya pada momen tertentu.

"Biasanya selama Ramadhan yang peningkatannya paling tinggi adalah fashion, health and beauty," ujar Achmad dalam sharing session di kantor Facebook Indonesia, Senin (7/5/2018).

"Fashion naik karena memang jadi kebutuhan orang dan masif, sedangkan gadget peningkatan terjadi hanya karena konsumen mendapat kemampuan lebih dari THR atau bonus. Tidak seperti pakaian atau kecantikan," imbuh Achmad.

Baca juga: Bulan Puasa, Orang Indonesia Gemar Buka Online Shop di 2 Waktu Ini

Ia menambahkan sejauh ini, kategori ini pun masuk dalam jajaran lima terbesar transaksinya dan Ramadhan akan menjadi momen mendatangkan transaksi yang jauh lebih besar.

"Bakal jadi nomor satu karena memang, kategori yang orang cari adalah fashion, health, and beauty. Karena orang-orang memang mencari baju baru saat momen tersebut," lanjut Achmad.

Kendati demikian Achmad masih belum bisa memprediksi seberapa besar angka atau porsi yang bakal diraih setiap kategori produk selama Ramadhan mendatang. Meski begitu, Lazada sudah mempersiapkan beberapa strategi untuk menyambut bulan suci hingga Lebaran nanti.

"Kami berusaha untuk mengetahui audiens. Kemudian ini dijadikan kategori dan strategi. Apa saja yang akan kami fokuskan untuk target audiens," kata Achmad.

"Mobile marketing menjadi fokus terbesar Lazada. Apapun key message kami di luar sana, kami akan berusaha menaruh key message agar pengguna mengunduh aplikasi (Lazada) sekarang. This is the future of Indonesia," ujarnya menambahkan.

Lazada sendiri optimistis akan tetap menjadi top of mind e-commerce di masyarakat, khususnya selama Ramadhan ini. Pasalnya ada beberapa program yang tengah disiapkan untuk menyambut Ramadhan. 

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, lewat iklan pada perangkat mobile, ia mengaku strategi Lazada pun akan berpindah dari brand awareness menjadi brand communication dengan mengadakan banyak promo seperti flash sale.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.