Facebook Kebobolan Lagi, 3 Juta Data Pengguna Bocor karena Kuis Kepribadian

Kompas.com - 15/05/2018, 11:43 WIB
Ilustrasi Facebook The telegraphIlustrasi Facebook

KOMPAS.com - Tak kurang dari 3 juta data pengguna Facebook terekspos ke situs web dengan proteksi yang lemah. Dengan proteksi yang lemah, data pengguna itu dapat dengan mudah diakses oleh pihak yang tak berhak.

Menurut New Scientist, data tersebut diambil dari aplikasi kuis kepribadian populer bernama myPersonality. Data yang "ditelanjangi" termasuk jawaban dari kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan pribadi, seperti hasil tes psikologi online.

"Jenis data sangat meyakinkan dan ada kemungkinan untuk disalahgunakan," kata Chris Sumner dari Online Privacy Foundation.

Namun, nama pengguna dilaporkan tidak disebutkan alias anonim. Beberapa identitas lain seperti usia, gender, dan status hubungan, disebut ikut terpapar secara online. Sebanyak 150.000 pembaruan status pengguna bahkan dilaporkan ikut dipublikasikan.

Semua data tersebut dikontrol oleh David Stillwell dan Michal Kosinski dari pusat psikometri Universitas Cambridge. Aleksandr Kogan yang juga menciptakan aplikasi kuis serupa bernama #thisisyourdigitallife, disebut-sebut pernah menjadi bagian dari proyek tersebut hingga pertengahan 2014.

Baca juga: Skandal Kebocoran Data Tak Pengaruhi Pengguna Facebook

Dilansir KompasTekno dari The Verge, Selasa (15/5/2018), semua data tersebut seharusnya hanya bisa diakses melalui situs oleh peneliti yang terdaftar sebagai kolaborator. Tapi nyatanya, username dan password aktif yang digunakan untuk mengakses data, dapat ditemukan dengan mudah secara online, hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

Rentannya akses masuk ke data tersebut membuat kemungkinan data pengguna bisa diakses dan diunduh oleh siapa pun. Facebook dilaporkan telah menangguhkan (suspend) kuis myPersonality per 7 April lalu.

Alasannya, ada kemungkinan pelanggaran kebijakan Facebook dari bahasa aplikasi yang digunakan, serta bagaimana data pengguna akan diberlakukan yang dijelaskan dalam situs kuis tersebut.

Dilaporkan, sekitar setengah dari total peserta kuis myPersonality yang diklaim mencapai enam juta, mengijinkan informasi mereka dibagikan dengan para peneliti yang anonim. Peneliti yang setuju untuk menggunakan data anonim, diperbolehkan mengakses informasi yang telah dikumpulkan dari kuis myPersonality.

Dari laporan, total 280 orang diberikan keleluasaaan untuk mengakses data, termasuk para pegawai Facebook dan beberapa perusahaan teknologi besar seperti Google, Microsoft dan Yahoo.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X