Begini Cara Mengunduh Data Pengguna WhatsApp

Kompas.com - 19/05/2018, 14:02 WIB
IlustrasiMashable Ilustrasi

KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, Facebook didera skandal penyalahgunaan data privasi penggunanya. Anjuran untuk menghapus akun Facebook pun bergema dengan tagar #deleteFacebook. Sebelum menghapus akun Facebook miliknya, pengguna diminta mengunduh arsip informasi pribadi selama menggunakan Facebook.

Seperti Facebook, "anak" perusahaanya, WhatsApp, juga mengoleksi informasi dari 1 miliar pengguna aktifnya di seluruh dunia. Kini, pengguna WhatsApp bisa mencari tahu informasi apa saja yang dikais oleh aplikasi pesan instan itu.

Fitur ini hadir setelah Uni Eropa mengeluarkan aturan tentang privasi yang termaktub dalam Data Protection Regulation (GDPR). Meski belum ada skandal penyalahgunaan data layaknya Facebook, pengguna juga bisa mengetahui informasi apa saja yang disimpan WhatsApp tentang dirinya.

Cara meminta data

Perlu diketahui, fitur ini baru bisa digunakan setelah meng-update aplikasi WhatsApp ke versi 2.18. Cara mengunduh data pribadi di WhatsApp tidak terlalu sulit.

Pertama, buka aplikasi WhatsApp, lalu ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas, lantas pilih menu "setting" (pengaturan). Setelah pengaturan terbuka, piih menu "akun" (account), lalu pilih opsi "permintaan informasi akun" (request account info), lalu klik "permintaan laporan" (request report).

Cara mengunduh data pengguna WhatsAppKompas.com Cara mengunduh data pengguna WhatsApp
WhatsApp menginformasikan bahwa laporan baru bisa diterima selang tiga hari setelah melakukan permintaan. Tapi, seperti dilansir KompasTekno dari Gadgets Now, Sabtu (19/5/2018), beberapa pengguna mendapatkannya hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Permintaan informasi akan dibatalkan, jika pengguna menghapus akun WhatsApp, mengubah nomor ponsel, atau me-registrasi ulang akun selama masa tunda permintaan

Jika dokumen telah siap, WhatsApp akan memberikan notifikasi yang mengatakan "akun Anda siap diunduh" (your account info report is ready to download).

Notifikasi juga akan memberitahukan masa berlaku dokumen untuk bisa di download. Rata-rata informasi hanya bisa diunduh dalam rentang beberapa minggu saja. Ketika sudah kadaluwarsa informasi tersebut akan terhapus dari server.

Cara mengunduh data

Jika notifikasi telah tersedia, buka WhatsApp lalu pergi ke menu setting. Pilih menu "akun", lantas pilih opsi "permintaan informasi akun". Kemudian, klik "unduh laporan" (download report).

Format unduhan akan berupa file ZIP. Setelah di ekstrak, informasi akan terpampang dalam format HTML yang bisa dibuka dengan browser dan format JSON yang bisa di-port ke aplikasi lain.

Baca juga: Admin Grup WhatsApp Dipersulit Masukkan Nomor yang Sudah Keluar

Setelah unduhan dibuka, akan terlihat informasi apa saja yang WhatsApp kumpulkan tentang penggunanya.

Informasi ini antar alain nomor ponsel, koneksi IP yang digunakan, jenis perangkat yang digunakan, vendor perangkat, foto profil, semua nomor kontak, semua grup WhatsApp di mana pengguna masuk di dalamnya dan nomor kontak mana saja yang diblokir.

Sekilas, informasi yang disimpan WhatsApp tidak terlalu pribadi seperti Facebook. Anak perusahaan Facebook yang lain, Instagram juga menyediakan fitur yang sama yang memungkinkan pengguna mengunduh datanya. 

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X