ARM Rilis Chipset Terbaru untuk Android, Diklaim Setara Core i7 - Kompas.com

ARM Rilis Chipset Terbaru untuk Android, Diklaim Setara Core i7

Kompas.com - 03/06/2018, 14:33 WIB
ZenFone 5 dalam genggaman. Aspek tampilannya yang paling menonjol adalah poni di bagian atas layar. Pabrikan-pabrikan Android mendadak berlomba menelurkan perangkat dengan notch ini setelah iPhone X diperkenalkan. Asus adalah salah satunya.KOMPAS.com/ OIK YUSUF ZenFone 5 dalam genggaman. Aspek tampilannya yang paling menonjol adalah poni di bagian atas layar. Pabrikan-pabrikan Android mendadak berlomba menelurkan perangkat dengan notch ini setelah iPhone X diperkenalkan. Asus adalah salah satunya.

KOMPAS.com - Perusahaan pembuat chip mobile ARM merilis produk terbaru, yakni Cortex-A76 yang diyakini sanggup membuat kecepatan smartphone Android menandingi iPhone.

ARM mengklaim Cortex-A76 dapat bekerja 35 persen lebih cepat ketimbang model prosesor yang ada saat ini. Kecepatan itu baru prediksi minimum.

Jika prosesor diberi tugas tertentu, misalnya dalam kategori matematis, kinerjanya malah bisa lebih cepat 50 persen hingga 70 persen. Sedangkan dalam pemrosesan memori untuk software, kinerjanya malah bisa naik dari 60 persen hingga 95 persen.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Cnet, Minggu (3/6/2018), Lead Architecht ARM, Mike Filippo memberi catatan bahwa prosesor Cortex-A76 sendiri bukan cuma dirancang untuk menandingi Apple, melainkan juga sebagai penantang untuk prosesor buatan Intel.

"Saya harap kita bisa menandinginya (Apple). Tapi kompetisi nyata kami adalah dengan Intel. Kami membangun (prosesor) untuk mendapatkan kinerja yang awet," jelasnya.

Dia menambahkan, Cortex-A76 tersebut memiliki kinerja yang kurang lebih setara dengan laptop yang menggunakan prosesor seri Intel Core i7.

Salah satu alasan desain prosesor ARM ini bakal memiliki kinerja lebih kencang adalah kemampuannya menelan empat instruksi secara paralel. Desain di dalamnya juga mempercepat komunikasi pada memori, menambah kemampuan memprediksi instruksi pemrosesan.

Selain merilis prosesor baru, ARM juga mengumumkan dua prosesor lain, yakni Mali-G76 untuk pemrosesan grafis dan Mali-V76 untuk pemrosesan video. Kinerja prosesor grafis itu pun diklaim telah meningkat 30 persen dibanding sebelumnya.

Saat ini masih belum ada vendor smartphone yang menyematkan prosesor itu untuk menjadi otak pemrosesan produknya. Pengguna harus menunggu cukup lama, sampai sekitar 2019 mendatang, agar bisa benar-benar mendapatkan produk yang dirilis mememakai Cortex A76.

"Prosesor A76 ini monster, dan sekarang baru saja di tahap awal. Anda bisa memperkirakan, bakmi akan lebih banyak berdiskusi tentang ini dalam setahun atau dua tahun.



Close Ads X