Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2018, 09:47 WIB
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Pengguna Instagram selama ini bisa mengunggah video ke linimasa utama maupun Stories, namun durasinya dibatasi hanya 1 menit, atau 15 detik untuk Stories.

Batasan tersebut kemungkinan bakal tidak berlaku lagi. Rumor terbaru dari Negeri Paman Sam menyebutkan bahwa Instagram tengah mempertimbangkan untuk memperpanjang durasi video yang bisa diunggah penggunanya.

Kabarnya, video yang diunggah ke Instagram bakal bisa berdurasi hingga 1 jam, sehingga membuka peluang kreatif lebih besar untuk pengguna.

Apabila rumor ini memang benar, sebagai platform video, Instagram pun bakal lebih mirip dengan YouTube dan jejaring sosial perusahaan induknya, Facebook.

Instagram disebutkan telah berdiskusi dengan para kreator dan penerbit konten dalam beberapa pekan terakhir, untuk membahas soal perpanjangan durasi video.

Baca juga: Pengguna Android Keluhkan Instagram Error, Apa yang Harus Dilakukan?

Menurut keterangan yang dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/6/2018), video berdurasi panjang di Instagram nantinya akan fokus pada format “vertikal”.

Selama ini video vertikal digunakan di Stories sejak pertama kali meluncur 2 tahun yang lalu. Format vertikal ternyata mengena di hati warga Instagram, sehingga jumlah pengguna harian Stories kini sudah mencapai kisaran 300 juta.

Tak diketahui apakah video berdurasi panjang itu bakal bisa digunakan di timeline reguler Instagram, di luar Stories atau tidak.

Tentu, karena masih berupa rumor, ada juga kemungkinan video vertikal berdurasi panjang ini tak jadi diimplementasikan. Instagram sendiri belum memberikan keterangan resmi soal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.