Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Daftar Kecepatan Internet Operator Seluler 4G di Indonesia

Kompas.com - 06/06/2018, 14:08 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber OpenSignal

KOMPAS.com - Telkomsel masih unggul dalam hal kecepatan pengunduhan (download) dan pengunggahan (upload) di jaringan internet 4G LTE. Setidaknya begitu menurut laporan terbaru dari perusahaan pemetaan cakupan jaringan nirkabel, OpenSignal, untuk periode semester pertama 2018.

Kecepatan download operator pelat merah tersebut berada di kisaran 12,9 Mbps. Sementara itu, kecepatan upload rata-rata-nya 7,3 Mbps.

Meski memimpin, kecepatan download rata-rata Telkomsel sejatinya menurun dibandingkan laporan semester kedua 2017 yang mencapai 14,6 Mbps. Bahkan, jika dilihat secara keseluruhan (3G dan 4G), kecepatan download Telkomsel hanya 8,4 Mbps atau kalah dari Smartfren.

Pada laporan terbaru, Smartfren menunjukkan pertumbuhan kecepatan internet yang signifikan. Untuk kecepatan download 4G LTE dan gabungan dengan 3G, peningkatannya mencapai 44 persen yakni dari 6,8 Mbps menjadi 9,8 Mbps.

Baca juga: Menguji Layanan Internet Telkomsel di Ruas Tol Cipali

Kecepatan internet operator seluler periode Januari - Mei 2018.OpenSignal Kecepatan internet operator seluler periode Januari - Mei 2018.
Secara keseluruhan, ada tujuh indikator yang ditetapkan OpenSignal pada laporan kinerja operator selular periode awal 2018 ini. Telkomsel memenangkan lima indikator, masing-masing adalah operator dengan kecepatan download 4G dan 3G paling baik, kecepatan upload 4G terbaik, serta latensi 3G dan 4G terbaik.

Dua indikator lainnya dimenangkan Smartfren. Produsen Andromax terebut memiliki kecepatan download gabungan terbaik, dan mengakomodir ketersediaan 4G paling mumpuni.

Meski begitu, kecepatan upload 4G rata-rata Smartfren paling terbelakang dari semua operator seluler, yakni hanya 2,7 Mbps.

Lebih detilnya, berikut urutan operator dengan kecepatan internet 4G terbaik, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (6/6/2018), dari situs resmi OpenSignal.

Download
1. Telkomsel (12,9 Mbps)
2. Smartfren (9,8 Mbps)
3. XL Axiata (8,9 Mbps)
4. Indosat Ooredoo (4,8 Mbps)
5. Hutchison 3 (4,6 Mbps

Upload
1. Telkomsel (7,3 Mbps)
2. XL Axiata (5,1 Mbps)
3. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
4. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)
5. Smartfren (2,7 Mbps)

Untuk kecepatan internet keseluruhan (3G dan 4G) dari sektor download, berikut urutannya.

1. Smartfren (9,8 Mbps)
2. Telkomsel (8,4 Mbps)
3. XL Axiata (6,1 Mbps)
4. Hutchison 3 (3,8 Mbps)
5. Indosat Ooredoo (3,2 Mbps)

OpenSignal mengukur pengalaman nyata para pelanggan di jaringan seluler mereka saat melakukan aktivitas sehari-hari. Tak kurang dari tiga miliar pengukuran individu dilakukan setiap hari dari puluhan juta smartphone di seluruh dunia.

Pengujian dilakukan setiap jam sepanjang hari dalam kondisi normal, termasuk di dalam gedung atau luar ruangan, di area perkotaan atau pedesaan, hingga ke pelosok lainnya.

Khusus untuk laporan ini, ada 11,7 miliar data yang dikumpulkan dari 1,2 juta pengguna selama periode 1 Februari hingga 1 Mei 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber OpenSignal
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com