Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oppo Find X Tanggalkan Poni, Kamera Depan Pakai Mekanisme "Pop-Up"

Kompas.com - 18/06/2018, 13:08 WIB
Oik Yusuf,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

PARIS, KOMPAS.com - Oppo bakal segera memperkenalkan ponsel flagship barunya pekan ini. Bocoran gambar terbaru dari media sosial China, Weibo, memperlihatkan bahwa perangkat bernama Find X itu memiliki layar yang nyaris tak berbingkai.
 
Sebelumnya, Oppo Find X memang sempat disebutkan memiliki rasio layar berbanding bodi sebesar 93,8 persen. Di sisi atas layar tak terlihat adanya "poni" yang di ponsel lain memuat komponen speaker telepon dan kamera depan.

Rupanya, berdasarkan bocoran gambar yang dihimpun KompasTekno dari SlashLeaks, Senin (18/6/2018), kamera dan speaker telepon milik Oppo Find X tersembunyi di balik layar.

Pengguna Oppo Find X nantinya bisa memunculkan dua komponen itu lewat mekanisme slider yang akan menggeser layar ke bawah.

Cara kerjanya mirip dengan ponsel slider jadul. Hanya saja, alih-alih keypad, fungsi slide pada Oppo Find X digunakan untuk membuka kamera depan. Mekanisme slider ini juga mirip dengan yang diterapkan oleh pabrikan smartphone lain, Doogee, di produk bernama Mix 4.

Mekanisme kamera depan di Oppo Find X.Istimewa Mekanisme kamera depan di Oppo Find X.
Masih belum jelas apakah mekanisme slider Oppo Find X bakal dioperasikan secara otomatis atau manual, misalnya dengan cara menekan tombol untuk membuka kamera depan.

Peluncuran 19 Juni

Oppo Find X akan diperkenalkan secara resmi dalam acara yang digelar di Paris, Perancis, pada 19 Juni mendatang.

Rumor yang beredar sebelumnya menyebutkan bahwa Oppo Find X akan dibekali fitur unggulan berupa kamera dengan lensa zoom 5x dan teknologi fast charging Super VOOC.
 
Dari segi hardware, Oppo Find X disinyalir akan menggunakan chip Snapdragon 845 dengan RAM sebesar 8 GB, media penyimpanan 256 GB, dan baterai 3.700 mAh . Layar Oppo Find X diprediksi berukuran 6,4 inci (2.340 x 1.080 piksel).

Di punggung Oppo Find X tersemat kamera ganda dengan resolusi 20 megapiksel (lensa f/2.0), dan 16 megapiksel (lensa f/2.0). Salah satu kamera ini diduga memiliki fitur zoom 5x tadi. Adapun kamera depannya beresolusi 25 megapiksel (lensa f/2.0).

Fitur lain dalam Oppo Find X kabarnya mencakup konektivitas Bluetooth, NFC, dan sistem operasi Android 8.1 yang dilapis antarmuka ColorOS 5.1 ala Oppo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com