Cisco Akuisisi Startup Pelacak Perangkat Mobile Milik Intel

Kompas.com - 21/06/2018, 07:17 WIB
Markas perusahaan teknologi raksasa AS, Cisco di San Jose, California JUSTIN SULLIVAN/AFPMarkas perusahaan teknologi raksasa AS, Cisco di San Jose, California

KOMPAS.com - Wakil Presiden Cisco, Rob Salvagno mengumumkan akuisisi perusahaanya terhadap startup milik Intel, July Systems. July Systems adalah startup spesialis pelacak perangkat mobile di area publik seperti mall dan stadion.

Mereka terhubung dengan sistem Wi-Fi bangunan untuk memahami perilaku pelanggan yang berjalan dari pintu ke pintu setiap gerai di mall. Berapa kali para pelanggan belanja di gerai tersebut, berapa total skor loyalty point yang mereka peroleh dan sebagainya akan terlacak oleh July Systems.

Skemanya serupa dengan memahami perilaku pelanggan online yang melacak produk apa saja yang mereka cari. Dengan akusisi ini, Cisco berencana menyasar target lain untuk dijajaki, yakni layanan kesehatan dan gedung pemerintahan untuk semakin menyempurnakan layanan.

Menurut Ray Wang, pendiri sekaligus kepala analis Constellation Research, akusisi dua perusahaan ini juga berkaitan dengan pemanfaatan koneksivitas 5G.

"July Systems memberikan Cisco kemampuan untuk memperluas lokalisasi dan kapabilitas pra-5G dan paska 5G dari pengalaman pelanggan (customer experience management),"jelas Wang.

Ia menambahkan, yang paling penting bagi Cisco adalah mendapatkan komunitas pengembang yang kuat.

Dilansir KompasTekno dari Tech Crunch, Kamis (21/6/2018), tidak disebutkan nilai akuisisi Cisco ke July Systems. Salvagno mengindikasikan jika July Systems akan bergabung dengan jaringan grup perusahaan Cisco. Kesepakatan antara Cisco dan July Systems diharapkan rampung pada kuartal pertama tahun 2019.

Baca juga: Telkomsel dan Cisco Bikin Layanan Komunikasi Perusahaan

Pada February lalu, kas yang dimiliki Cisco senilai lebih dari 67 miliar dollar AS. Secara total, Cisco telah melakukan 211 akuisisi. Dalam beberapa tahun terakhir, mereka meminang beberapa perusahaan seperti AppDynamics dengan nilai akuisisi 3,7 miliar dollar AS, sebelum mereka mengajukan IPO tahun 2017.

Ada juga Jesper dengan nilai akuisisi 1,4 miliar dollar AS pada tahun 2016. Untuk start-up July Systems, terbilang masih baru berdiri. Startup yang bermarkas di Burlingame, California dan berkantor di Bangalore, India ini didirikan tahun 2016.

Dana yang diperoleh July Systems dilaporkan mencapai hampir 60 juta dollar AS yang berasal dari berbagai investor termasuk Sequoia Capital, Intel Capital, CRV dan Motorola Solutions.

 

 

 

 

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X