Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Note 9 Bakal Meluncur Lebih Cepat?

Kompas.com - 27/06/2018, 16:34 WIB
Fatimah Kartini Bohang,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber BGR

KOMPAS.com - Ponsel berstylus Samsung seri Note memiliki tradisi waktu peluncuran pada kuartal tiga tahun berjalan, sekitar pertengahan Agustus atau September. Begitu juga untuk Galaxy Note 9.

Penerus Galaxy Note 8 ini diprediksi akan meluncur pada kuartal tiga tahun ini tetapi kemungkinan bakal lebih cepat dari produk pendahulunya.

Setidaknya begitu menurut desas-desus yang beredar, ditambah fakta bahwa Samsung telah memasukkan dokumen pengajuan sertifikasi ke Federal Communications Commission (FCC).

Lembaga independen tersebut dibentuk pemerintah Amerika Serikat untuk mengatur telekomunikasi radio, televisi, kawat, satelit, dan kabel.

Pengajuan sertifikasi FCC lumrahnya dilakukan sekitar sebulan sebelum peluncuran resmi sebuah perangkat. Misalnya saja Galaxy Note 8 yang sertifikasinya diajukan pada 31 Juli 2017, lantas meluncur pada 23 Agustus 2017.

Artinya, jika saat ini dokumen sertifikasi Galaxy Note 9 sudah dimasukan ke FCC, bisa jadi peluncuran smartphone premium itu jatuh pada akhir Juli atau awal Agustus 2018, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Selasa (26/6/2018), dari BGR.

Sebelumnya, terendus kabar yang menyebut Galaxy Note 9 akan diperkenalkan ke khalayak pada 2 atau 9 Agustus 2018. Hal ini belum dikonfirmasi oleh pihak Samsung, sehingga belum bisa dipercaya 100 persen.

Dokumen pengajuan Galaxy Note 9 di FCC tak memberikan banyak informasi soal spesifikasi. Yang tercantum hanyalah tiga varian dari ponsel tersebut, masing-masing dengan nama kode “SM-N960F”, “SM-N960F/DS”, serta “SM-N960X”.

Galaxy Note 9 diperkirakan mengandalkan prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810, tergantung negara pemasarannya. Smartphone tersebut kabarnya akan hadir dengan kamera yang lebih canggih. Kita tunggu saja hingga lini ini benar-benar hadir.

Baca juga: Samsung Sematkan Tombol Misterius di Galaxy Note 9?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com