Bus Tanpa Sopir Buatan Baidu Mengaspal 2019

Kompas.com - 05/07/2018, 17:05 WIB
bus otonomos baidu ditargetkan mengaspal di Jepang 2019 mendatang. Engadgetbus otonomos baidu ditargetkan mengaspal di Jepang 2019 mendatang.

KOMPAS.com - Raksasa internet asal China, Baidu diketahui tengah mengembangkan bus tanpa sopir yang akan segera diproduksi secara massal. Baidu menargetkan bus ini akan segera mengaspal pada 2019 mendatang dan salah satu target market pertamanya adalah Jepang.

Bekerja sama dengan perusahaan hardware asal Jepang, SB Drive, bus tanpa sopir bernama Apollo Autonomous Driving ini akan diperuntukkan unntuk kebutuhan angkutan khusus seperti untuk wisata turis, bandara, dll.

Dikutip KompasTekno dari BBC, Kamis (5/7/2018), bus mini ini nantinya akan bisa memuat sebanyak kurang lebih 14 penumpang. Interior bus ini pun dibuat dengan elegan agar penumpang bisa nyaman berada di dalam.

Bus Apollo ini dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dapat menganalisis kondisi jalanan di sekitar. Sehingga, bus ini diklaim "lebih pintar" ketimbang mobil otonomos biasa.

Kendaraan yang diproduksi oleh vendor asal China, King Long ini juga didukung oleh platform terbuka dengan level kemampuan mengemudi pada tingkat keempat. Artinya, pada tingkatan ini bus tersebut tidak lagi membutuhkan manusia untuk memberikan bantuan informasi terhadap lingkungan atau jalanan sekitar.

Baca juga: Taksi Tanpa Sopir Google Masih Susah Belok Kiri

Bus ini sejatinya sudah dikembangkan di China sejak tahun lalu dan ditargetkan juga akan segera mengaspal pada 2019 mendatang. Baidu merencanakan distribusi akan berpusat di beberapa kota yakni Beijing, Shenzhen, Pingtan dan Wuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bersamaan dengan itu baik perangkat keras maupun perangkat lunak bus otonomos ini juga tengah dikembangkan agar bisa mengenal kondisi jalanan Jepang dengan cepat.

Sebelumnya, Baidu sendiri telah mengantongi lisensi untuk menguji mobil otonomos di jalan umum Beijing pada Maret lalu.

Kepala Eksekutif Baidu, Li Yanhong mengatakan bahwa mungkin masih diperlukan waktu sekitar 3 hingga 5 tahun untuk memberikan tempat pada mobil atau bus otonomos agar dapat digunakan oleh publik secara terbuka dalam jumlah yang besar.
Bus Tanpa Sopir Baidu Mulai Diproduksi Massal

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.