Kompas.com - 21/07/2018, 10:48 WIB
Ilustrasi Android CentralIlustrasi
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Game Fortnite: Battle Royale pertama kali dirilis menjelang akhir tahun lalu. Semenjak itu popularitasnya terus meroket hingga pekan ini dikabarkan telah mendulang pendapatan sebesar 1 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 14 triliun.

Hal tersebut diungkapkan dalam laporan sebuah studi yang dilakukan oleh firma riset SuperData. Penghasilan 1 miliar dollar AS diraup dari semua platform, mulai dari konsol game hingga gadget mobile.

Fortnite: Battle Royale memperoleh pendapatan sepenuhnya dari penjualan di dalam aplikasi (in-app purchase) yang sifatnya tidak membuat timpang permainan -misalnya dengan membuat pemain yang membeli item lebih unggul dari pemain lain.

Jenis item yang dijual mencakup tampilan kosmetik seperti kostum, aksesori, dan gerakan dansa. Item paling mahal yang dijual dalam Fortnite: Battle Royale adalah skin yang berbanderol 20 dollar AS atau 2.000 V-bucks untuk mata uang virtual di dalam game.

Apa yang membuat Fortnite: Battle Royale demikian populer sehingga bisa meraup pendapatan besar?

“Tak seperti game battle royale lain, Fortnite bisa dimainkan secara gratis (free-to-play) dan langsung meluncur di semua platform yang tersedua. Suksesnya melambung karena platform ini dan selebriti,” tulis SuperData dalam ringkasan laporannya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Business Insider, Sabtu (21/7/2018), Fortnite: Battle Royale sebenarnya adalah varian Battle Royale dari game aslinya yang hanya berjudul Fortnite.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fortnite original adalah game zombie survival yang dijual 60 dollar AS, sementara Fortnite: Battle Royale menganut sistem battle royale di mana sekitar 100 pemain “diterjunkan” ke sebuah arena dan saling berperang hingga akhirnya hanya tersisa satu orang atau tim.

Dalam perkembangannya, Fortnite: Battle Royale ternyata lebih populer dibandingkan game Fortnite aslinya sehingga Fortnite: Battle Royale kerap disebut sebagai “Fortnite” saja.

Genre game battle royale ala film Hunger Games -yang terinsipirasi dari film Jepang berjudul Battle Royale tahun 2000- ini dipelopori oleh judul-judul seperti DayZ, H1Z1, dan Player Unknown’s Battle Ground (PUBG), tapi popularitasny bisa dibilang meledak berkat Fortnite: Battle Royale.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.