Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

iPhone Dipastikan Tak Bakal Pakai Chip Qualcomm Lagi

Kompas.com - 27/07/2018, 08:41 WIB
Oik Yusuf,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

Sumber CNBC
KOMPAS.com - Lantaran bersengketa soal pembayaran royalti, hubungan Qualcomm dan Apple disebut-sebut mengalami keretakan.
 
Beredar kabar bahwa Apple memutuskan untuk tak lagi memakai chip modem Qualcomm di produk-produk iPhone buatannya, meski dugaan tersebut tak pernah dikonfirmasi langsung oleh kedua pihak.
 
Pekan ini, konfirmasi tersebut akhirnya datang dari Qualcomm dalam sebuah teleconference pasca pengumuman laporan keuangan terbaru. CFO Qualcomm George Davis mengungkapkan Apple tak bakal lagi menggunakan chip besutan Qualcomm di iPhone generasi berikutnya.
 
"Kamu meyakini bahwa Apple berniat hanya menggunakan (chip) modem dari kompetitor kami, tanpa modem dari Qualcomm, di iPhone selanjutnya," ujar Davis, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (27/7/2018).
 
Davis tak menjelaskan siapa persisnya "kompetitor" yang dimaksud. Besar kemungkinan sang pesaing itu adalah Intel yang produk-produk chip modem buatannya telah mulai dipakai di iPhone sejak model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Namun sejauh ini Apple belum sepenuhnya menggunakan modem Intel di iPhone. Sebagian iPhone masih dipasangi chip Qualcomm.

 
iPhone X misalnya, diketahui ada yang datang dengan chip modem LTE Qualcomm X16 dan Intel XMM7480. Intel disinyalir belum mampu memproduksi chip modem dalam jumlah mencukupi untuk semua iPhone yang diproduksi. Karena itu Apple terpaksa masih mengambil stok modem dari Qualcomm.
 
Apple ngotot ingin memakai chip model Intel meskipun terbukti lebih lambat dari chip modem Qualcomm. Bahkan, Apple disinyalir sengaja membatasi kecepatan internet iPhone dengan chip Qualcomm, supaya iPhone dengan chip Intel tak terlalu terlihat ketinggalan dalam hal ini. 

Baca juga: Di Balik Kecepatan Internet iPhone yang Lebih Pelan dari Android

 
Sebelum iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, model-model iPhone terdahulu diketahui selalu memakai chip Qualcomm. Pihak Qualcomm sendiri menyatakan bakal terus memasok chip modem untuk perangkat-perangkat Apple yang masih memakai produknya dan berharap suatu saat iPhone akan kembali ke pelukannya.
 
"Kalau peluangnya datang, saya pikir kami akan menjadi penyuplai untuk Apple," ujar Presiden Qualcomm Cristiano Amon.
 
Kendati berpotensi kehilangan pendapatan dari Apple yang merupakan salah satu pelanggan terbesar, Amon mengatakan optimis perusahaannya bakal terus berkibar di pasaran.
 
"Kami merasa cukup baik atas kepimpinan kami di pasar modem. Kami akan terus berinvestasi untuk produk modem," pungkas Amon.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com