YouTube Sebar Fitur "Stories" Lebih Luas Lagi

Kompas.com - 03/08/2018, 11:38 WIB

KOMPAS.com - Pada November tahun lalu, YouTube meluncurkan fitur mirip stories yang ada di Snapchat maupun Instagram bernama "Reels".

Kala itu, Reels yang masih dalam uji coba, hanya bisa diakses oleh para konten kreator yang memiliki lebih dari 100.000 subscriber (pelanggan).

Tanpa ada alasan jelas, fitur Reels kini berganti nama menjadi "Stories", sebagaimana aplikasi lain sebelumnya. Fitur ini pertama kali ditemukan bersamaan dengan fitur mode gelap di aplikasi Android beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mode Gelap YouTube Hadir di Android

Kabar terbaru yang dilansir GSM Arena dan dirangkum KompasTekno, Jumat (3/8/2018), seiring pergantian nama, sebaran YouTube Stories juga diperluas. Namun, masih belum jelas seberapa banyak pengguna yang bisa menjajal fitur ini.

Format YouTube Stories ini mirip dengan Instagram Stories. Bedanya, jika akun yang baru saja mengunggah Instagram Stories akan dilingkari warna gradasi merah, ungu, dan oranye ala logo Instagram, di YouTube Stories warnanya berubah menjadi merah, menyesuaikan warna logo YouTube.

Seperti di Snapchat dan Instagram, Stories di YouTube nantinya juga akan bisa di-reply. Perlu diingat, fitur ini masih dalam tahap uji coba, sehingga belum semua pengguna YouTube bisa mengakses YouTube Stories.

Jika nantinya sudah meluncur untuk semua pengguna, cara membuat YouTube Stories serupa dengan Instagram Stories.

Caranya, ketuk ikon video yang ada di kanan atas, bersebelahan dengan ikon pencarian. Kemudian, pilih opsi "Story" dan kamera akan terbuka untuk melakukan perekaman. Ketuk dan tahan tombol merah untuk merekam melalui YouTube Stories.

Baca juga: YouTube Bakal Punya Fitur Stories ala Instagram

Pengguna juga bisa memilih foto dari perangkat dengan mengkik tombol sebelah kiri. Stories bisa dihias dengan beragam fitur seperti teks yang bisa diubah bentuk font dan warnanya.
Jika telah selesai, klik "Post" yang ada di sebelah kanan. Untuk lebih jelasnya, bisa disaksikan dalam video berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.