Menerka Kudapan Berawalan "Q" untuk Nama Android 10 - Kompas.com

Menerka Kudapan Berawalan "Q" untuk Nama Android 10

Kompas.com - 08/08/2018, 20:43 WIB
Android PieAndroid Authority Android Pie

KOMPAS.com - Dari beberapa kandidat nama seperti Pistachio atau Pumpkin, Google akhirnya memilih "Pie" menjadi nama baru Android generasi ke-9.

Belum genap sehari peluncurannya ke publik, pengguna Android sudah dibuat penasaran dengan kode nama Android Q yang bahkan masih belum terdengar.

Jika masih mengikuti siklus peluncuran Android tiap tahunnya, Android generasi ke-10 alias Android Q, seharusnya mulai digarap tahun 2018 ini.

Menilik lagi ke belakang soal penamaan Android. Selama ini, Google mencaplok nama hidangan pencuci mulut dan panganan manis seperti permen, atau kue kering. Penamaan tersebut juga diurutkan berdasarkan alfabet.

Menariknya, jika Google tidak mengubah tradisinya, ia hanya memiliki sedikit daftar nama makanan manis yang berawalan dengan huruf "Q". Berikut beberapa nama makanan manis yang kemungkinan menjadi nama baru Android Q tahun depan.

1. Quiche

Makanan asal Perancis ini sebenarnya memiliki rasa yang tidak terlalu manis. Quiche sering dianggap versi gurih dari egg custard tart (tart telur). Bentuknya mirip pie dari permukaannya, namun quiche lebih sering diisi dengan sayuran, keju, telur, daging, atau seafood.

Untuk branding, Quiche bisa menjadi pilihan terbaik, karena namanya singkat dan mudah diingat seperti pie.

2. Quaker Oats

Sebenarnya ini adalah sebuah merek oatmeal terkenal. Agak keluar jalur, Quaker Oats cenderung digunakan sebagai hidangan utama sarapan, alih-alih sekadar pencuci mulut. Rasa aslinya pun hambar, tidak manis seperti deretan nama Android sebelumnya.

Soal penggunaan merek, Google sudah dua kali melakukannya. Sebelumnya, Google telah menggunakan merek coklat "KitKat" untuk Android 4.4 dan cookies terkenal untuk Android 8.1 Oreo. Kemungkinan, kandidat nama ini masih jauh dari branding yang diusung Google.

3. Queen of Pudings

Hidangan pencuci mulut ini berasal dari tanah Britania Raya. Biasanya disajikan dengan campuran selai raspberry dan lemon yang dipanggang di dalam tepung roti yang dilapisi meringue atau kue busa.

Nama ini bisa menjadi salah satu pilihan karena masuk dalam panganan manis. Penggunaan tiga kata untuk penamaan Android mungkin jarang, namun bukan berarti tidak pernah.

Google pernah menggunakan nama Ice Cream Sandwich untuk versi Android 4.0 yang dirilis tahun 2011 lalu.

Baca juga: Android 9 Dinamai Pie, Ini Sembilan Fitur Barunya

4. Quindim

Quindim adalah custard yang populer di Brasil yang terbuat dari gula, kuning telur dan kelapa parut. Dari bahannya sudah bisa ditebak jika makanan ini memiliki rasa yang manis.

Bisa jadi, Android Q akan menyandang nama ini. Dan jika benar, maka untuk pertama kalinya, penamaan versi Android tidak terdengar sangat kebarat-baratan.

5. Qottab

Kandidat nama Android Q terakhir berasal dari Iran, yakni Qottab.

Qottab adalah pastry berisikan almond dan walnut dengan luaran yang terbuat dari tepung, gula dan kapulaga.

Rasanya yang manis telah memenuhi salah satu syarat untuk menjadi bakal calon nama Android 10. Selain itu, Qottab cukup mudah diingat.

Baca juga: Cara Memakai Android P, Diketuk dan Diusap

Dirangkum KompasTekno dari Android Authority, Rabu (8/8/2019), lima kandidat tersebut baru berupa terkaan. Bisa jadi, karena sangat terbatas, Google merombak tradisi Android yang manis dengan nama menu makanan lain.



Close Ads X