Kapan Telkomsel Gelar Layanan 5G Komersil? - Kompas.com

Kapan Telkomsel Gelar Layanan 5G Komersil?

Kompas.com - 11/08/2018, 11:11 WIB
Ilustrasi layanan 5G Telkomsel.KOMPAS.com/Reska K. Nistanto Ilustrasi layanan 5G Telkomsel.

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler Telkomsel menjadi yang pertama menghadirkan pengalaman 5G di Indonesia, melalui 5G Experience di kompleks Gelora Bung Karno, selama perhelatan Asian Games 2018.

Namun, pengalaman tersebut sifatnya masih demo atau uji coba saja. Lantas, kapan Telkomsel akan menggelar layanan 5G secara komersil?

Ditanya hal tersebut, Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah mengatakan bahwa Telkomsel pada saatnya akan menggelar layanan 5G komersil, namun masih menunggu pemerintah.

"Kalau komersil ya nunggu pemerintah membuka spektrumnya, karena untuk menggelar 5G itu kan satu operator butuh paling tidak 100 MHz untuk spektrumnya, tergolong besar," kata Ririek di kantor Telkomsel, Kamis (9/8/2018).

Di tingkat internasional standar koneksi 5G memang sudah ditetapkan, namun menurut Ririek masih dibutuhkan perangkat untuk membangun ekosistem 5G.

"Untuk CPE indoor di rumah-rumah sudah ada, namun untuk handset yang seukuran ini (smartphone) belum," kata Ririek.

Ia mengatakan untuk handset 5G (smartphone) diprediksi akan mulai tersedia banyak di pasar pada 2020 nanti. Sementara untuk CPE, saat ini vendor-vendor masih menemui kendala dalam hal daya (power), karena CPE 5G butuh daya yang lebih besar dari 4G.

Tahun depan (2019), perangkat ini diharapkan sudah banyak tersebar di pasar.

CPE atau customer premises equipment adalah perangkat telekomunikasi untuk rumah atau perkantoran, bentuknya bisa set-top-box TV kabel/satelit, kabel DSL, router internet, dan sejenisnya.

Baca juga: 4 BTS 5G Telkomsel Sudah Berdiri di GBK

Dijumpai secara terpisah, Direktur Network Telkomsel, Bob Apriawan menambahkan bahwa untuk menggelar layanan 5G komersil, ekosistemnya harus siap lebih dulu.

"Kita lihat nanti 2020, tapi harusnya 2021 atau 2022 kita sudah (komersil)," kata Bob di sela kegiatan 5G Experience di GBK, Jumat (10/8/2018).

Meski demikian, Telkomsel mengklaim telah mendekati teknologi 5G dengan mengimplementasikan jaringan 4,9G menggunakan massive MIMO dan teknik CA (carrier agregation), di frekuensi 2.300 MHz yang didapat tahun lalu.

BTS-BTS berteknologi 4,9G ini sudah disebar di venue-venue Asian Games dan lokasi non-venue lainnya, seperti titik kerumunan, mal, restoran, wisma atlet, dan lainnya.

Baca juga: Pengunjung Asian Games Bisa Jajal Teknologi 5G di GBK


Close Ads X