Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diuji, Internet 5G Telkomsel di GBK Tembus 16 Gbps

Kompas.com - 10/08/2018, 20:33 WIB
Reska K. Nistanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lewat momentum Asian Games 2018, Telkomsel bakal mendemonstrasikan teknologi 5G miliknya. Sejumlah persiapan telah dilakukan, seperti membangun jaringan dan menyediakan device-nya.

Lantas, seberapa kencang koneksi 5G Telkomsel yang digelar di GBK?

"Kita menggunakan spektrum 800 MHz, dengan kapasitas throughput maksimal mencapai 16 Gbps," kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah dijumpai di kompleks GBK, Jumat (10/8/2018).

"Kalau mau download 1 harddisk (16 Gb) hanya butuh 1 detik," imbuh Ririek.

Selain jaringan 5G, Telkomsel juga mengklaim jaringan 4G-nya sudah mencapai 4,9G di kawasan GBK. Kecepatan jaringan 4,9G tersebut diklaim Ririek bisa mencapai 300 Mbps.

Baca juga: 4 BTS 5G Telkomsel Sudah Berdiri di GBK

Sebenarnya, bukan kali ini saja Telkomsel mendemonstrasikan teknologi jaringan 5G-nya. Pada 2017 lalu, Telkomsel juga telah melakukan uji coba kecepatan 5G menggunakan dua BTS.

Saat itu, kecepatan download yang didapat dari uji coba tersebut mencapai 70 Gbps. uji coba saat itu hanya untuk menunjukkan seberapa kencang kecepatan yang bisa dicapai oleh jaringan 5G.

Sementara untuk demonstrasi yang digelar bersamaan dengan momen Asian games ini, Telkomsel lebih menekankan kepada penggunaannya (use case). Berbagai use case tersebut bisa dicoba di booth 5G Experience Telkomsel di GBK.

Baca juga: Telkomsel Sebut Internet Asian Games 2018 Lebih Panas dari Malaysia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com