Ini Penyebab Layanan Facebook dkk Tumbang Dini Hari Tadi

Kompas.com - 04/09/2018, 15:44 WIB
Ilustrasi ForbesIlustrasi

KOMPAS.com - Facebook, WhatsApp, Messenger, dan Instagram, dilaporkan tumbang (down) pada dini hari tadi. Tumbangnya keempat platform yang dibawahi Facebook ini diperkirakan terjadi mulai Senin (3/9/2018) sekitar pukul 16.50 EDT, atau Selasa (4/9/2018) pukul 3.30 WIB.

Melalui perwakilannya, Jay Nancarrow, Facebook mengatakan penyebab kejadian ini adalah masalah jaringan.

"Pagi tadi, terdapat masalah jaringan yang menyebabkan beberapa orang bermasalah dalam mengakses atau mengirim postingan ke beberapa layanan Facebook," ungkap Nancarrow.

Pihaknya belum menjelaskan lebih lanjut tentang detail masalah yang mengakibatkan tumbangngnya platform populer tersebut selama 90 menit.

"Kami telah menginvestigasi dan akan memulihkan akses dengan cepat, dan masalah ini telah diperbaiki," lanjutnya.

Baca juga: Facebook, Instagram, dan WhatsApp Sempat Tumbang 1 Jam

Diketahui, sejumlah pengguna berbondong-bondong mengeluh ke platform kompetitor Facebook, Twitter saat mengetahui layanan Facebook, Instagram, Messenger dan WhatsApp milik mereka mengalami masalah.

Beberapa pengguna mengaku mengalami masalah log-in, posting kiriman, mengirim komentar, dan memperbarui linimasa di Facebook, sebagaimana KompasTekno lansir dari The Sun, Selasa (4/9/2018).

Akan ada pesan berbunyi "Your account is currently unavailable due to a site issues. We expected to be resolved shortly" yang memberi tahu pengguna jika akun Facebooknya sedang dalam masalah, karena gangguan situs dan akan segera dipulihkan.

Pengguan Messenger mengatakan jika proses "loading" terganggu. Sementara pengguna Instagram banyak yang frustasi karena layanan tidak bisa di-refresh untuk melihat unggahan terbaru.

Begitu pula dengan pengguna WhatsApp, mengaku koneksi layanannya terputus, sehingga tidak bisa mengirim dan menerima pesan. Gangguan ini tidak terjadi di wilayah yang spesifik.

Baca juga: Simpan Pesan WhatsApp di Google Drive Tak Sepenuhnya Aman

Menurut data dari Down Detector, para pengguna di wilayah Amerika Serikat dan daratan Eropa adalah yang paling banyak terkena dampak erornya layanan Facebook dkk.

Sementara di sisi belahan Bumi timur yang dihuni kawasan Asia, Afrika, dan Australia, tidak ditemukan banyak titik keluhan. Bisa jadi, karena sebagian besar wilayah ini masih memasuki jam tidur.



Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X