Insiden di Pabrik Chip Samsung, 1 Tewas dan 2 Luka-luka

Kompas.com - 06/09/2018, 09:09 WIB
Pabrik Samsung SamsungPabrik Samsung

KOMPAS.com - Kebocoran gas yang terjadi di pabrik chip Samsung pada Selasa (4/9/2018) kemarin menelan korban jiwa. Seorang pekerja berusia 24 tahun, tewas dan dua orang lain mengalami luka-luka.

Ketiga pekerja sebelumnya ditemukan tidak sadarkan diri di area ruang bawah tanah pabrik semikonduktor yang berlokasi di Suwon, Seoul bagian selatan. Sebagian besar produksi semikonduktor Samsung masif dilakukan dari pabrik ini.

Korban tewas sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tidak tertolong setelah beberapa jam. Sementara korban luka yang masing-masing berusia 26 dan 54 tahun masih dirawat di rumah sakit.

Perwakilan Samsung mengatakan jika ketiga korban merupakan pekerja dari perusahaan jasa pemeliharaan keamanan kebakaran yang sedang memeriksa fasilitas pabrik.

"Penyebab kematian dipastikan karena mati lemas akibat kebocoran gas karbondioksida," terang salah satu perwakilan Samsung seperti KompasTekno kutip dari Gadgets Now, Kamis (6/9/2018).

Atas kejadian ini, kepala divisi solusi Samsung, Kim Ki-nam memberikan belasungkawa kepada korban dan kerabatnya.

"Saya meminta maaf kepada para pekerja dan kelularganya," ucapnya.

Baca juga: Pabrik Samsung Mati Lampu 30 Menit, Harga Chipset Dunia Melambung

Ia menambahkan jika proses investigasi masih dilakukan untuk memastikan penyebab utama kebocoran.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di pusat riset Samsung tahun 2014 lalu. Kala itu, seorang petugas juga tewas setelah menghirup gas karbondioksida yang bocor akibat fasilitas pemadam kebakaran di ruang bawah tanah mengalami malfungsi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X