Kompas.com - 08/09/2018, 13:46 WIB
Bocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakang GSM ArenaBocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakang

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, beredar sebuah potongan foto cangkang ponsel Nokia dengan bubuhan lima lensa kamera di bodi belakang. Sepertinya, teka-teki ponsel tipe apa yang akan mengadopsi lima lensa mulai tertebak.

Salah satu pembocor menyebut jika ponsel dengan lima lensa kamera adalah Nokia 9. Dugaan tersebut mungkin dicocokkan dengan beberapa bocoran sebelumnya yang menyebut Nokia 9 akan memiliki fitur penta-lens atau lima lensa kamera belakang.

Foto yang beredar kali ini tampaknya lebih jelas karena menampakan keseluruhan bagian punggung perangkat. Di bagian atas terdapat tujuh lubang dengan susunan yang hampir sama seperti bocoran yang beredar sebelumnya.

Bocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakangGSM Arena Bocoran punggung Nokia dengan lima lensa kamera belakang

Tiga lensa berjajar vertikal dan dua lainnya mengapit di sisi kanan-kiri. Dua lubang lainnya adalah LED flash dan satu lagi diyakini sebagai sensor fokus IR. Logo "Zeiss" tertempel di tengah-tengah dua lensa teratas.

Belum diketahui bagaimana cara kerja kamera tersebut mengingat ponsel dengan lima kamera belum ada di pasaran. Soal fungsi masing-masing kamera juga belum diketahui.

Agak berbeda dari bocoran sebelumnya, bagian punggung dipenuhi label dan beberapa barcode serta nomor model TA-1094.

Jika dicocokkan, nomor model ini berbeda dengan bocoran sertifikasi tiga varian beberapa waktu lalu yang hanya menampilkan tiga nomor model yakni TA-1131, TA-1119, dan TA-1087.

Baca juga: Sertifikasi Ungkap Nokia 9 Punya 3 Varian

Karena masih bersifat bocoran, tentu saja perubahan lain masih mungkin terjadi, termasuk apakah ini varian lain dari Nokia 9 atau justru menjadi Nokia 10, seperti yang dirumorkan jauh-jauh hari.

Dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Sabtu (8/9/2018), cangkang ponsel ini menggunakan material kaca, dlihat dari bekas noda sidik jari yang terlihat. Di bagian belakang tidak nampak sensor pemindai sidik jari, mengindikasikan ponsel tersebut mengadopsi under-display fingerprint atau pemindai sidik jari dalam layar.

Snapdragon 845 yang masih menjadi prosesor kelas tinggi diprediksi akan mempersenjatai flasghip ini. Jika benar ini Nokia 9, makan debutnya diperkirakan tetap dilakukan tahun 2018 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.