Informasi Tutupnya Path Masih Simpang Siur

Kompas.com - 17/09/2018, 09:44 WIB
Ilustrasi Path Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comIlustrasi Path

KOMPAS.com - Platform jejaring sosial Path dirumorkan bakal segera tutup. Hal ini pertama kali terendus dari screenshot yang tersebar di internet pada Jumat (14/9/2018) pekan lalu.

Screenshot tersebut memperlihatkan akun Path di platformnya sendiri mengucapkan “The Last Goodbye” (selamat tinggal yang terakhir). Netizen pun heboh menanggapi screenshot tersebut.

Banyak yang bernostalgia dengan mengunggah momen-momen masa lalu (throwback) dari Path ke Instagram Stories. Ada pula yang berkicau soal masa-masa menggunakan Path di Twitter. Pembahasan yang sama ramainya bisa pula ditemui di linimasa Facebook.

Namun satu yang pasti, belum ada konfirmasi resmi dari perwakilan Path soal simpang-siur penutupan platform-nya.

KompasTekno sudah menghubungi pihak Path sejak pekan lalu, tetapi belum ada jawaban hingga kini.

Update: Path Resmi Tutup, Layanan Disetop 18 Oktober 2018

Pasalnya, untuk aplikasi sebesar Path, agaknya kurang afdol jika berita penutupannya disebar hanya via pemberitahuan singkat di platform-nya sendiri. Tak ada penjelasan lebih detail di blog resminya.

Pengumuman penutupan layanan biasanya disertai dengan informasi kapan tanggal layanan tersebut benar-benar akan dihentikan, serta saran bagi pengguna, apa yang mesti mereka lakukan, seperti mem-backup postingan misalnya.

Path terakhir kali mengguah artikel di blog-nya pada 30 Januari 2018. Kala itu Path mengumumkan fitur baru yang memungkinkan pengguna membagi cerita berharga via #pathstory, serta memudahkan belanja online di “Show Window Moment”.

Path juga masih sempat mengunggah kicauan pada 21 Mei 2018 di akun Twitter resminya. Kicauan itu untuk memperkenalkan fitur baru berbasis video yang memungkinkan pengguna mengeksplor konten-konten menarik di Path.

Selain itu, Path juga tak mengirim keterangan resmi ke media massa. Yang paling mengherankan, muncul screenshot lain di internet yang mengatakan Path justru membuka lowongan kerja sebagai “Junior Photography” dan “Senior Photography”.

Lagi-lagi screenshot itu tak bisa dipercaya sepenuhnya. Sebab, tak ada informasi lowongan tersebut di akun LinkedIn Path, pun blog resminya.

Awal mula Path

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X