4 Ponsel Nokia Kebagian Android Pie, Ini Jadwal Rilisnya - Kompas.com

4 Ponsel Nokia Kebagian Android Pie, Ini Jadwal Rilisnya

Kompas.com - 06/10/2018, 10:18 WIB
Android PieAndroid Authority Android Pie

KOMPAS.com - Setelah diresmikan google pada awal Agustus lalu, sistem operasi Android 9 dengan nama "Pie" mulai disebarkan oleh para vendor, termasuk HMD Global yang menaungi merek Nokia.

Semua seri Nokia yang ada di pasar telah dipastikan akan mendapat pembaruan Android Pie secara bertahap. Tahap pertama yang mendapat pembaruan ini adalah Nokia 7 Plus sekitar satu bulan lalu.

Kini HMD Global kembali mengumumkan pembaruan sistem operasi untuk empat ponsel cerdas Nokia lainnya. Empat ponsel tersebut adalah ponsel kelas atas, yakni Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 8, dan Nokia 8 Sirocco.

Hal ini diungkapkan oleh HMD Global berbarengan dengan peluncuran Nokia 7.1 yang digelar di London, Kamis (4/10/2018) waktu setempat.

Dikutip KompasTekno dari Gizmochina, Nokia 6.1 dan Nokia 6.1 Plus akan mendapat pembaruan pada bulan Oktober ini. Sedangkan Nokia 8 dan Nokia 8 Sirocco dijadwalkan akan kebagian pembaruan Android Pie pada November mendatang.

Kendati demikian, HMD Global tak menyebutkan kapan tanggal pasti pembaruan ini akan mulai digulirkan.

Besar kemungkinan pembaruan ini akan datang berbarengan dengan update keamanan Oktober dan November yang dirilis Google untuk keempat ponsel tersebut.

Android Pie sendiri pertama kali menyapa para pengguna Google Pixel. Selain HMD Global, pabrikan lain yang dikatakan tengah menyiapkan pemutakhiran Android Pie ke perangkat-perangkat mobile adalah Sony, Xiaomi, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential.

Baca juga: Android 9 Dinamai Pie, Ini Sembilan Fitur Barunya

Pada sistem operasi terbaru ini ada beberapa fitur anyar yang bisa dinikmati pengguna seperti smart reply langsung dar notifikasi, dark mode, hingga fitur untuk mengontrol jam penggunaan smartphone.

Adapun seri-seri yang akan mendapat pembaruan ini adalah Nokia 1, Nokia 2, Nokia 2.1, Nokia 3, Nokia 3.1, Nokia 5, Nokia 5.1, Nokia 6, Nokia 6.1, Nokia 6.1 Plus, Nokia 7 (di China), Nokia 7 Plus, Nokia 8, Nokia 8 Sirocco, Nokia X6 (di China), dan Nokia X5 (di China).

Baca juga: Apa Itu Kesejahteraan Digital yang Diusung Android Pie?



Close Ads X