Galaxy S10 Bakal Dibekali Prosesor Pengolah AI?

Kompas.com - 08/10/2018, 17:21 WIB
Render grafis desain Galaxy S10. mobil-helden.deRender grafis desain Galaxy S10.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bocoran informasi tentang Galaxy S10 kembali beredar. Kali ini, calon smartphone andalan baru Samsung itu  disebut-sebut akan menggunakan  prosesor khusus AI.

Prosesor dimaksud tak lain adalah Neural Processing Unit (NPU) yang tertanam di dalam System-on-Chip (SoC). Tugas NPU adalah menangani pengolahan fungsi-fungsi terkait AI.

Dugaan di atas  muncul dari detail profil LinkedIn seorang mantan engineer NPU yang kini bekerja di Samsung.  Informasi di dalamnya menyebutkan bahwa sang engineer berperan merancang "NPU generasi kedua" dari Samsung".

Baca juga: Bocoran Ungkap Spesifikasi Tiga Model Galaxy S10

Secara tersirat, berdasarkan detail tersebut, Samsung sebenarnya telah memiliki NPU pertamanya. Namun, prosesor ini tidak ditemukan di dalam SoC Exynos 9810 yang memperkuat Galaxy S9, seri smarphone flagship terkini dari sang pabrikan.

Meski NPU generasi pertama tak pernah muncul, NPU "generasi kedua" bikinan Samsung disinyalir bakal tertanam di SoC Exynos 9820 yang kabarnya akan memperkuat Galaxy S10, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Senin, (8/10/2018).

Sebelumnya, Huawei dan Apple telah lebih dulu menerapkan NPU di SoC masing-masing, yakni Kirin 970 untuk (Huawei) dan untuk A11 Bionic.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Huawei Rilis Kirin 980, Chip 7 nm Komersil Pertama

Kedua pabrikan kini telah meluncurkan generasi kedua dari SoC masing-masing yang dibekali dengan NPU. Apple A12 Bionic hadir di trio iPhone XS, XS Max, dan XR, sementara Kirin 980 disiapkan untuk Huawei Mate 20 yang akan segera meluncur.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.