Kompas.com - 29/10/2018, 07:04 WIB

KOMPAS.com - Langkah Apple dan Samsung yang membikin lambat ponsel lawasnya dimanfaatkan oleh Huawei. Vendor ponsel asal China ini menyindir Apple dan Samsung lewat sebuah kicauan di Twitter.

Melalui akun Twitter resminya, Huawei menuliskan kicauan yang ditujukan untuk dua rivalnya itu. Dalam kicauannya tersebut, Huawei menegaskan bahwa mereka tidak akan memperlambat ponsel lawas mereka seperti Apple dan Samsung.

"Kami tidak akan pernah membuat ponsel lawas kami lambat untuk memaksa (pengguna) agar melakukan upgrade," tulis Huawei.

"Kami bangga #HuaweiMate20Pro adalah ponsel yang lahir untuk tetap cepat- seperti ponsel lain dalam range kami," lanjutnya.

Kicauan itu disertai sebuah gambar iklan Huawei Mate 20 Pro yang belum lama ini dirilis.

Kena denda

Apple dan Samsung sendiri memang baru saja didenda oleh otoritas Itali karena ketahuan dengan sengaja memperlambat perangkat lawas lewat pembaruan software. Tujuannya adalah agar para pengguna ponsel lawas itu mau membeli produk ponsel anyar mereka yang memiliki performa lebih cepat.

Keduanya didenda sebesar miliaran rupiah karena merilis software yang menyebabkan malfungsi dan menurunkan performa ponsel. Apple didenda sebesar 8,9 juta euro atau sekitar Rp 154 miliar dan Samsung didenda 4,4 juta dollar AS atau sekitar Rp 66,8 miliar.

"Apple dan Samsung melakukan praktik yang tidak adil," ujar otoritas persidangan Italia dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Lewat Iklan, Huawei Sindir iPhone X

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Senin (29/10/2018), ini bukan pertama kalinya Huawei menyindir rivalnya. Ketika jelang merilis ponsel P20 Pro pada Maret lalu, Huawei juga sempat menyindir iklan Samsung dan Apple di Inggris.

Kemudian saat peluncuran trio iPhone 2018 di Singapura lalu, Huawei membagi-bagikan powerbank gratis untuk para pembeli yang tengah mengantre panjang.

Pada Agustus lalu, Huawei pun menyindir Galaxy Note 9 yang dirilis Samsung. Ketika itu menyombongkan kemampuan kamera P20 Pro mereka yang lebih bagus ketimbang Galaxy Note 9.

Baca juga: Huawei Bagi-bagi Gadget Gratis ke Pengantre iPhone di Singapura

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.