Alibaba Catat Rekor Penjualan Rp 454 Triliun di Festival "Hari Jomblo"

Kompas.com - 12/11/2018, 13:06 WIB
CEO Alibaba Group, Daniel Zhang saat berbicara dalam pembukaan festival belanja 11.11 Alibaba GroupCEO Alibaba Group, Daniel Zhang saat berbicara dalam pembukaan festival belanja 11.11

KOMPAS.com - Festival belanja Singles' Day atau Hari Jomblo yang digelar Alibaba kemarin (11/11/2018) di China, memecahkan rekor baru. Alibaba mencatat nilai transaksi penjualan sebesar lebih dari 30,8 miliar dollar AS atau sekitar Rp 454 triliun.

Capaian tersebut tercatat pada sekitar pukul 5:34 sore waktu setempat dan diprediksi akan terus bertambah hingga penutupan pada 00.00 dini hari.

Singles' Day adalah ajang belanja terbesar di dunia dari segi nilai transaksi. Rekor tahun ini memecahkan rekor Alibaba sendiri tahun lalu, dihitung dari Gross Merchandise Value (GMV) yang menunjukan penjualan dari berbagai macam platform Alibaba.

Nilai GMV dalam ajang Singles Day Alibaba tahun ini lebih tinggi 27 persen dibandingkan event serupa tahun lalu yang meraup GMV 25,3 miliar dollar AS.

Dari mata uang yuan China, GMV festival Hari Jomblo Alibaba mencapai 213,5 miliar yuan melampaui pendapatan tahun lalu sebesar 168,2 miliar yuan. Hitungan dalam yuan lebih dulu memecahkan rekor dibanding hitungan GMV dalam dollar.

Hal itu dikarenakan nilai tukar yuan kini sedang melemah terhadap dollar AS dibandingkan tahun lalu. Artinya, nilai penjualan dalam yuan harus lebih banyak untuk menyamai perhitungan dalam dollar AS.

Baca juga: Hari Jomblo, Alibaba Cetak Rekor Transaksi Rp 238 Triliun

GMV Alibaba mengalami pertumbuhan hampir 27 persen secara year-on-year. Persentase ini sejatinya kebih kecil dibanding tahun lalu yang pertumbuhanya mencapai 39 persen secara year-on-year.

Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Senin (12/11/2018), festival belanja Hari Jomblo atau juga kerap disebut Double 11 ini memasuki tahun penyelenggaraan yang ke-10 pada 2018.

Alibaba menawarkan diskon besar-besaran di seluruh e-commerce miliknya selama 24 jam pada tanggal 11 November untuk menyambut ajang tersebut.

Rp 14,4 triliun dalam satu setengah menit

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber CNBC
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X